Pakai Anti Embun di Kaca Helm? Ketahui Cara Merawatnya

Pelapis anti embun kaca helm.
Sumber :
  • Bikebiz.com.au

VIVA.co.id – Beberapa orang mungkin terkecoh dengan istilah Pinlock. Pinlock bukan teknologi, melainkan merek pelapis kaca helm, agar tetap jernih dan bebas dari embun di saat kondisi hujan, dingin, maupun uap dari hidung dan mulut pengendara.

Terapkan Cara Ini Agar Kaca Helm Tetap Jernih Saat Hujan

Produk ini biasa digunakan di helm standar balap GP dengan merek tertentu, seperti Arai, Shoei, dan Nolan.

Kini, produk anti embun dengan merek Pinlock sudah banyak dijual dengan harga yang lebih terjangkau, yakni Rp120-150 ribuan, dan dapat dipasang pada berbagai macam jenis helm.

Detergen Bikin Jas Hujan Gampang Bocor

Pemasangannya juga mudah, hanya disangkutkan pada pengait di bagian dalam kaca helm. Nah, piranti ini ternyata sangat sensitif loh.

Jika salah membersihkannya dari kotoran yang menempel, lapisan anti embunnya justru rusak.

Telkomsel Klaim Ada 49 Titik Penjualan T-Bike

Menurut Direktur Marketing PT Danapersadaraya Motor Industri (DMI) Johannes, kalau produk anti embun sudah kotor, dapat dibersihkan dengan air dingin, atau air hangat dan kain microfiber. Jangan menggunakan deterjen, karena dapat merusak partikelnya.

"Apalagi kalau dibersihkan dengan baju atau tisu, itu bisa bikin baret. Kalau merek Pinlock sendiri bisa tahan 1-3 tahun, jika perawatannya benar. Jadi, jangan samakan cara bersihkannya dengan kaca helm," jelasnya. (asp)

Pelapis anti embun kaca helm.

Pasang Antiembun pada Kaca Helm, Ini Kisaran Biayanya

Helm-helm mahal sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2016