Cairan Ini Bisa Selamatkan Kendaraan dari Ranjau Paku

IML Super Tyre Sealant
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Ranjau paku saat ini menjadi momok bagi para pengguna jalan. Mungkin sudah tak terhitung lagi jumlah korbannya baik pengemudi sepeda motor maupun mobil. Tapi sekarang tidak perlu khawatir. Anda bisa mencoba cairan khusus penangkal bocor dari PT Tetsan-Maju Bersama (TMB) di Jakarta Fair, JlExpo, Kemayoran.

Penjualan Perlengkapan Otomotif Online di Indonesia Terus Meningkat

“Awalnya cairan IML ini memang hanya untuk motor. Tapi, sekarang sudah ada untuk mobil, kalau untuk mobil bahan cairannya beda, ini teknologi dari Jepang dan Korea. Kita bisa sebut cairannya ini gabungan antara nitrogen dan silicon,” ujar Firman, Area Manager PT TMB kepada VIVA.co.id.

Cara penggunaanya juga mudah, tinggal masukkan cairan tersebut melalui lubang pentil yang sudah dibuka isi pentilnya dengan selang. “Jadi selang itu kami berikan dalam setiap pembelian produk. Nah, sebelum memasukan cairan tersebut, ban kempeskan terlebih dahulu,” katanya.

Jadi Ikon Produk Otomotif, Komedian Ade Jigo Makin Jago Kulik Soal Motor

Menurutnya, kalau untuk mobil mulai dari diameter velg 14-20 inci menggunakan per-botol 500 ml pada setiap ban. Sedangkan jika ukuran ban tersebut lebih dari 20 inci, disarankan untuk menambah ukuran cairan sekitar 100 ml.

TMB mengklaim, cairan ini tidak merusak velg atau bikin korosi, dan juga tidak merusak pentil. “Meskipun cairan ini berbentuk jel, tapi tidak akan menggumpal. Jadi saat mobil menempuh kecepatan tinggi, setir tidak getar dan tidak mempengaruhi balancing,” katanya menambahkan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk daya tahan IML sudah mencoba sebelum dijual di pasaran. “Setelah kita coba, cairan dan ban tersebut mampu bertahan kurang lebih seumuran ban itu sendiri. Ini juga tidak mempengarungi kontruksi ban dan  partikelnya tidak akan berubah,” ungkapnya.

Sementara urusan harga, khusus di Jakarta Fair untuk mobil per-botol 500 ml dibanderol Rp85 ribu. Kalau yang digunakan untuk ban motor ukuran ring 14 per-botolnya 350 ml Rp28 ribu, berbeda dengan mobil, kalau untuk motor yang per-botol 500 ml hanya Rp33 ribu, ini bisa digunakan untuk velg ring 17.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya