Produsen Ban Asal Tangerang Ini Sukses di Internasional

Ban GT Radial
Sumber :
  • GT Radial

VIVA.co.id – Lesunya penjualan kendaraan di Tanah Air ternyata tidak berpengaruh pada industri pendukungnya.

Ban Baru Tak Lagi Dilapisi Plastik, Tetap Aman Dipakai?

Bahkan, PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban yang dikenal dengan nama GT Radial, masih bisa semringah. Bagaimana tidak, di kuartal pertama 2016, mereka mengalami peningkatan dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Budhi Santoso Tanasaleh mengkaim, di kuartal pertama 2016, perusahaannya mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp3,439 miliar. Sedangkan di kuartal yang sama 2015 hanya mencapai Rp3,075 miliar.

Ban Tubeless Kena 'Ranjau', Jangan Dipaksa Jalan

“Semua segmen produk ban, seperti radial, ban bias, dan ban sepeda motor, memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan penjualan sebesar 11,8 persen,” ujar Budhi, Jumat 17 Juni 2016.

Gajah Tunggal menjadi salah satu perusahan ban nasional yang memiliki basis produksi di kawasan Tangerang, Banten. Perusahaan ini memproduksi semua jenis ban, mulai dari mobil penumpang, Sport Utility Vehicle (SUV) serta truk ringan, off-road, kendaraan industri, serta sepeda motor.

Benda Ini Menempel di Ban, Segera Buang

Namun demikian, pasar yang dituju Gajah Tunggal rupanya lebih pada penjualan ban pengganti atau replacement, dibandingkan menjadi penyedia produk Original Equipment Manufacturer (OEM). Tercatat, penjualan Gajah Tunggal ke pasar OEM menurun 9,3 persen.

Direktur PT Gajah Tunggal Tbk Catharina Widjaja mengatakan, perusahaan ban terbesar di kawasan Asia Tenggara ini  tidak hanya fokus pada pasar Indonesia, melainkan juga ekspor ke beberapa negara yang ada di Asia, Eropa dan Amerika.

Cathrina juga menyatakan, pasar ekspor penjualan Gajah Tunggal mengalami pertumbuhan 16 persen di 2016. “Hampir semua jenis ban kita ada. Pasar yang paling besar Amerika Serikat. Kita punya 70 distributor di 100 negara,” ujar Cathrina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya