Mau Mobil MPV Ceper Tapi Tetap Nyaman? Ini Caranya

Modifikasi Mercedes-Benz V230.
Sumber :
  • Jeffry Yanto/VIVAcoid

VIVA.co.id – Kendaraan jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) memang tercipta sebagai mobil keluarga, terlebih bagi MPV ukuran besar seperti Toyota Alphard, Velfire, Nissan Serena, dan Mazda Biante.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

Namun, bukan berarti mobil keluarga yang rata-rata memiliki kapasitas 7-8 penumpang ini tidak dapat dimodifikasi.

Menurut pendiri komunitas VANkulture Indonesia, Josint, meski fungsinya sebagai mobil keluarga, namun tidak ada salahnya untuk mengubah kaki-kaki terlebih dahulu, jika itu yang menjadi selera. Tapi, tetap harus perhatikan dulu jenis mobil dan ukuran pelek, agar fungsi utamanya tidak terlupakan.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

“Untuk sekelas Alphard, Odyssey dan Serena, masih bisa nyaman gunakan pelek dengan diameter 18-22 inci. Perhatikan juga ukuran ban, agar sesuai dengan kondisi jalanan yang sering dilalui,” ujar Josint saat dihubungi VIVA.co.id, Minggu, 19 Juni 2016.

Ia menambahkan, jika ingin memakai pelek yang lebih besar, perhatikan dulu teknologi suspensi bawaan pabrik. “Seperti anggota kami yang menggunakan Toyota Alphard dengan pelek 22 inci, dia masih bisa membawa keluarga yang terdiri dari satu istri, tiga anak dan dua baby sitter. Dan itu untuk harian,” jelasnya

Kendaraan Komersial ini Dimodifikasi dengan Ciamik

Menurut Josint, mobil yang ceper memang mengurangi kenyamanan. “Tapi, ukuran nyaman kadang terkalahkan dengan penampilan. Namun, jika ingin mobil keluarga dengan ground clearance pendek dan tetap nyaman, harus menggunakan coil over atau air suspension,” ungkapnya. (ase)

Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Hadiah yang diberikan kepada pengunjung Kustomfest 7-8 Oktober 2023 yang beruntung berupa mobil kustom bergaya pikap flat deck. Mobilnya berbasis sedan Toyota Crown 1982

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2023