Bawaan yang Banyak dan Berat Bisa Ganggu Perjalanan Mudik

Barang bawaan mudik.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Libur Lebaran dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman. Tak hanya menggunakan sarana angkutan umum, para pemudik juga biasanya menggunakan mobil pribadi.

Tips Bijak Hadapi Promo Saat Ramadan Supaya Tak Boros

Namun, ada beberapa pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat kurang memerhatikan beban bawaan saat melakukan perjalanan jauh. Beban berlebih saat melakukan perjalanan jauh sangat berbahaya bagi keselamatan pemudik.

Pemilik bengkel Jayapura Duta Mas yang terletak di Fatmawati, Ekky, mengungkapkan beban berlebihan pada mobil dapat menyebabkan kecelakaan serta kurang maksimalnya performa mesin saat melakukan perjalanan.

5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik

“Beban saat mudik dengan mobil itu paling hanya sekitar 50 sampai 60 kilogram. Kalau lebih dari itu, akan mengganggu dari sisi performa mobil sampai keamanan saat berkendara. Karena, beban yang berlebihan itu sangat mengganggu, terlebih apabila perjalanan yang kita lakukan cukup jauh,” ujar Ekky, Minggu, 19 Juni 2016.

Ekky juga mengatakan bahwa beban yang hendak dibawa sebaiknya lebih diperhatikan. Karena, keselamatan saat melakukan mudik merupakan hal yang sangat penting.

Berkumur dan Sikat Gigi Bikin Puasa Batal?

Beban yang terlalu berat sering kali membuat mobil kehilangan keseimbangan, terlebih saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi.

“Yang harus diperhatikan itu adalah beban yang sering ditaruh di atap mobil. Jangan sampai beban tersebut justru mengganggu perjalanan serta mengancam keselamatan saat berkendara menuju kampung halaman,” kata Ekky. (ase)

Ilustrasi isi kulkas

Tips Simpan Bahan Makanan di Kulkas dan Cara Menghangatkannya

Sepele tapi Anda perlu tahu

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2019