Cara Mudah Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

Mobil Klasik di IIMS 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Perkembangan teknologi otomotif saat ini semakin maju. Mobil-mobil baru yang dilengkapi dengan beragam fitur unggulan semakin banyak bermunculan.

Spesifikasi Mobil Morgan yang Dijual di Indonesia

Namun, hal tersebut rupanya tidak membuat para pencinta mobil klasik alias 'jadul' berpaling hati.

Banyak alasan mobil klasik masih digemari beberapa orang. Meski demikian, tak dimungkiri bahwa faktor usia membuat mobil-mobil klasik itu dianggap sangat merepotkan dalam hal perawatan.

Gak Dipakai Selama 20 Tahun, Mobil Klasik Dijual Rp490 Jutaan

Namun, anggapan itu ditepis pemilik bengkel Jayapura Duta Mas, Ekky. Ia mengatakan, perawatan mobil dengan umur di atas 10 tahun tidaklah sulit.

“Sebenarnya, merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit. Namun, kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” ungkapnya kepada VIVA.co.id, Minggu, 19 Juni 2016.

Mobil Mewah Bergaya Klasik Bakal Dijual di RI Tahun Depan

Berikut lima cara mudah merawat mobil klasik:

  1. Lebih memerhatikan penggantian oli. Oli dinilai mampu memberikan perlindungan bagi mesin kendaraan bermotor, sehingga mobil tua akan lebih baik apabila olinya sering diganti.
  2. Rutin memeriksa kaki-kaki mobil. Permasalahan terhadap kaki-kaki memang sering dialami mobil 'jadul'. Salah satu yang sering dihadapi yakni terdengar bunyi. Sebelum hal itu terjadi, akan lebih baik apabila selalu memeriksakan bagian ini.
  3. Merawat cat mobil. Untuk mobil tua, biasanya cat sudah mulai pudar. Oleh karena itu, elemen pada bodi ini harus tetap diperhatikan. Usahakan untuk selalu menggunakan penutup, apabila sedang parkir di luar garasi.
  4. Perhatikan kabel-kabel pada mobil. Hal ini sangat penting, karena kabel bisa menyebabkan kerusakan pada bagian mesin.
  5. Rutin memeriksa ring piston. Ring piston berfungsi menahan kebocoran oli dan juga campuran bahan bakar dengan udara. Bila rusak, maka efeknya akan merembet pada komponen mesin lainnya.
Servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Ini Manfaat Servis Mobil Berkala pada Mesin

Banyak beberapa pemilik mobil yang menghiraukan kendaraanya untuk di servis secara bekala. Padahal melakukan rutin pengecekan dapat membuat kendaraan lebih prima.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2022