Berapa Biaya Pasang Stiker Sekujur Bodi Mobil?

Ilustrasi mobil dengan stiker.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Modifikasi dengan melapisi bodi mobil menggunakan stiker (car wrapping) memang kerap dilakukan untuk menambah variasi warna pada kendaraan. Hal ini pula yang dilakukan sebagian orang dengan alasan, agar kendaraannya tak mudah lecet saat mengalami benturan ringan.

Cuma Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Mobil Kustom di Kustomfest 2023

Pertimbangan lain memasang stiker di kendaraan, yakni lebih praktis, lebih murah, serta tidak memakan waktu lama jika ingin mengubah penampilan ketimbang harus mengecat ulang seluruh bodi mobil.

Menurut Imam, pemilik salah satu workshop cutting stiker di Mega Glodok Kemayoran Lantai 5, Jakarta Pusat, tahun ini dunia modifikasi akan semakin menaruh minat pada pengaplikasian stiker.

Modifikasi Mobil Mulai Digandrungi Kembali di Indonesia

"Melihat dari perkembangan tahun ini, untuk 2016 nanti tren modifikasi stiker masih akan berkembang. Salah satu pemicunya karena memang pemilik mobil merasa bermain stiker lebih praktis dibandingkan pengecatan bodi," kata Imam seperti dilansir situs resmi Toyota, Senin, 20 Juni 2016.

Dia mengungkapkan, tahun ini saja sudah cukup banyak pihak yang menggunakan jasa cutting stiker untuk memodifikasi mobil. "Rata-rata konsumen datang dari beragam kalangan, bukan hanya anak muda tapi juga ada dari pihak keluarga bahkan ibu rumah tangga," ucap Imam lagi.

Insinyur Toyota Bisa Menangis Melihat Avanza Dibuat Seperti Ini

Keuntungan lain yang bisa didapatkan, kata Imam, adalah kepraktisan. Jika sudah bosan dengan tampilan cutting stiker yang dipasang sebelumnya, Anda hanya tinggal mengganti tema lain tanpa harus repot waktu pengerjaan dan biaya yang mahal.

Sementara itu, menurut Adi, supervisor di salah satu workshop cutting stiker di Kedoya, Jakarta Barat, dengan penggunaan stiker, cat asli bawaan pabrik akan lebih awet sekira 1,5 - 2 tahun.

“Untuk pemasangan stiker full body, biasanya memakan waktu dua hari. Ambil contoh sedan atau hatchback yang menggunakan stiker dengan bahan oracle, biayanya sekira Rp4 juta,” ujar Adi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya