Motor Sering Bawa Beban Berat, Ini Komponen yang Mudah Rusak

Motor dengan beban berlebih.
Sumber :
  • Motorbiru.wordpress

VIVA.co.id – Membawa beban terlalu besar pada kendaraan roda dua sering kita jumpai saat berkendara. Namun, tahukah Anda, berapa beban maksimal pada motor agar tidak cepat rusak?

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

Kepala Mekanik AHASS CMM Purwakarta, Muhammad Abdul Wakhid mengatakan, beban maksimal pada setiap jenis sepeda motor berbeda-beda. Skuter matik (skutik) merupakan segmen yang mampu membawa beban maksimal terkecil dibandingkan motor bebek dan sport.

"Beban itu tergantung dari model motor, matik mungkin dengan pembonceng itu sekira 120 kilogram (Kg). Sedangkan untuk bebek dan sport itu lebih tinggi lagi," ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Video Kecelakaan Motor Akibat Pengemudi Mobil Buka Pintu Sembarangan

Abdul mengungkapkan, membawa beban terlalu berat tentunya dapat berdampak negatif bagi pengendara dan kendaraan yang digunakan.

"Selain berbahaya bagi pengendara, hal pertama yang sering berdampak itu kerja mesin, lalu kedua roda, terus pengereman, bensin sudah pasti lebih boros, shockbreaker. Kalau roda itu bicara bearing sama ban," kata dia.

Land Rover Indonesia Hadirkan Defender Gallery di Senayan City
Yadea Kemper RC

Yadea Hadirkan Motor Listrik Sport Fairing

Yadea Kemper RC, sebuah motor listrik sport touring full-fairing yang baru saja diluncurkan di EICMA 2023, siap menggemparkan dunia otomotif dengan desainnya yang menawan

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024