Mau Pasang Sensor Parkir di Mobil, Berikut Harganya

Parkir mobil paralel di Sydney
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id – Sensor parkir pada mobil memang tidak bisa diremehkan keberadaannya. Sebab, alat kecil ini dapat membantu Anda menentukan jarak bumper belakang dengan objek atau benda yang tidak terlihat kasat mata.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Jika mobil Anda tergolong tipe terendah atau bahkan Low Cost and Green Car (LCGC), sudah pasti sensor parkir ini tidak tersedia. Tetapi, tidak usah khawatir, sebab kini sudah banyak yang menjual alat kecil ini di toko-toko aksesori. Seperti Auto K-33 di bilangan MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, yang menyediakan sensor parkir berbagai model.

Menurut Oil Sanjaya, penggawa Auto K-33, sensor parkir itu ada dua tipe, yang display dan non display. Non-display seperti halnya sensor parkir bawaan pabrik, hanya mengandalkan bunyi saja sebagai penanda bahwa bumper sudah berdekatan dengan objek.

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

“Sedangkan sensor parkir display, peringatan bukan hanya sekadar suara saja, tetapi ada lampu tambahan yang diletakkan pada dashboard depan. Guna memberi peringatan dengan indikator hijau, merah, dan kuning," ujar Sanjaya, saat ditemui VIVA.co.id, di MGK, Kemayoran, Lantai 5, Jakarta Pusat.

Selain itu, umumnya sensor parkir terbagi dalam dua jenis, yakni dua titik dan empat titik. “Iya kalau dua titik jarak jangkauan bagian belakang bumper dan samping hanya sekira 15 derajat. Kalau empat titik jarak jangkauannya lebih sensitif pada bagian belakang dan samping,” ujarnya.

Viral Pegawai Minimarket Ribut dengan Tukang Parkir Liar, Netizen: Premanisme Terselubung

Soal harga, untuk sensor pakir non-display dua titik merek Topgard dijual kisaran Rp250 ribu. Tetapi karena tengah diskon, kini hanya dijual sekira Rp150 ribuan. Sementara sensor parkir dua titik display Topgard dijual dengan harga Rp300 ribu, dan bulan ramadan ini khusus dijual Rp185 ribu.

"Kalau empat titik non-display Topgard dari Rp325 ribu jadi Rp250 ribu, dan empat titik display Topgard Rp300 ribu jadi Rp350 ribu. Harga sudah termasuk ongkos pemasangan,” kata dia.

Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024