Ingin Pasang Sensor Parkir Mobil Sendiri? Ini Caranya

Sensor parkir
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Biasanya mobil low Multi Purpose Vehicle (MPV) tipe terendah tak dipersenjatai dengan sensor parkir dari pabrikan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak dijual sensor parkir dengan harga yang terjangkau. Yang menjadi masalah bagaimana pemasangannya?

Pajero dan Fortuner Ingin Terlihat Sangar, Lakukan Cara Ini

Ternyata menyematkan sensor parkir tak harus dibawa ke bengkel. Anda juga bisa melakukannya di rumah. Pemasangannya cukup mudah untuk jenis sensor 2 titik, 4 titik dengan kategori display dan non-display.

Dikin Widhiarto, kepala mekanik Auto K-33, menjelaskan, untuk pemasangan sensor parkir cukup simpel. Yang pertama harus tahu dulu perangkatnya apa saja yakni sensor parkir bentuknya bulat pipih, modul bentuknya kotak sebagai otaknya, dan tweeter sebagai sumber suara.

Ingin Pasang TV di Mobil LCGC, Ini Kisaran Harganya

Siapkan bor dengan ukuran mata 12,5 mm untuk membuat dudukan sensor parkir di bumper. Karena semua sensor parkir pasti diletakkan di bumper, selipkan juga perekat seperti double tape atau selotip.

“Kalau bisa jarak sensor ke tanah juga diperhatikan. Untuk sekelas city car idealnya 40 cm, SUV 70 cm, begitu pun Low MPV sekitar 60 cm. Agar tingkat sensitivitasnya maksimal,” kata Dikin.

Kenali Beda Stiker Iklan Mobil dengan Stiker Aksesori

Saat sensor sudah menempel, kabelnya ditarik ke dalam melalui belakang bumper. Jangan dekatkan kabel dengan knalpot agar tetap aman dan selipkan kabel di karet stop lamp agar tidak kemasukan air. Selanjutnya, siapkan modul dan perhatikan indikatornya, karena modul memiliki 3 soket yaitu A B C D, sound, dan power.

Untuk sensor parkir 2 titik masukkan kabel soket ke modul A dan B saja, sedangkan untuk sensor 4 titik masukkan kabel A B C D. Jika sudah, masukkan kabel untuk sound ke dalam modul. “Untuk sound cukup letakkan di dalam bagasi belakang dengan double tape,” kata Dikin.

Yang terakhir, nyawa dari sensor tersebut atau sumber power. “Kabel hitam dan merah sudah tersedia di modul, warnanya sama dengan kabel pada lampu belakang. Untuk kabel merah (+) yang ada di modul tepatnya di soket bertuliskan power, bisa langsung masukkan ke dalam soket lampu mundur,” tuturnya.

DIa menambahkan, kalau untuk kabel massa yang warnanya hitam (-) ini bisa diletakkan di mana saja. Di bodi mobil juga bisa, yang penting menempel dengan bahan besi atau sejenisnya. Karena ini hanya sebagai pemotong arus.

“Untuk pemasangan sensor non-display bisa dikerjakan kurang lebih 15 menit. Kalau display 25 menit, karena harus menarik kabel dari belakang ke depan hanya untuk kedudukan lampu sebagai indikator tambahan yang biasa diletakkan di dashboard,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya