Sebenarnya Berapa Biaya Spooring-Balancing

Spooring roda mobil.
Sumber :
  • Kiosban

VIVA.co.id – Salah satu faktor penunjang kenyamanan dalam berkendara mobil adalah kondisi roda mobil yang lurus dan seimbang.

Servis Rutin Mobil Kini Gak Sampai 2 Jam, Kok Bisa?

Mobil acapkali melewati jalan rusak atau berlubang dapat mengakibatkan presisi ban mobil cepat berubah dan membuat kenyamanan berkendara Anda kurang. Selain itu, sering menghantam lubang membuat ban mobil cepat rusak dan tidak awet.

Maka dari itu, banyak pengendara melakukan perbaikan ketika keadaan roda mobil sudah tidak nyaman lagi dengan melakukan spooring dan balancing.

Dulu Pakai Benang, Kini Alat Spooring Dibekali Kamera

Spooring adalah sebuah proses pada mobil untuk meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Dalam artian, sesuai dengan factory setting. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan dan diatur lagi agar kembali seperti sedia kala.

Lalu bagaimana dengan balancing? Seperti arti harfiahnya, balancing adalah menyeimbangkan kembali. Yang diseimbangkan adalah empat roda mobil agar putarannya seimbang. Biasanya ini dilakukan setelah penggantian ban atau velg. 

Mobil Jenis Ini Paling Sering Spooring dan Balancing

Banyak bengkel yang menawarkan jasa spooring dan balancing dengan harga yang sangat bervariatif. Salah satunya bengkel My Auto di Duren Sawit.

Alvan, Supervisor Bengkel My Auto, menjelaskan bahwa harga spooring dan balancing, sangat tergantung dengan model mobilnya. Untuk balancing biasanya Rp30 ribu per roda. Sedangkan spooring untuk mobil-mobil kecil seperti Yaris, Jazz, Avanza dan Innova berkisar Rp150-175 ribu per roda.

"Sedangkan Alphard, Pajero, dan Outlander, Rp200 ribu," Kata Alvan kepada VIVA.co.id, Selasa 21 Juni 2016

Untuk paketan mobil di bengkelnya, khusus untuk menjelang lebaran, dia mengatakan ada promo khusus hingga H-1 Lebaran.

"Paket Rp225 ribu sudah bisa spooring balancing. Selain itu, biasanya harga balancing Rp30 ribu sekarang cuma Rp20 ribu per roda," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya