Ingin Beli Mobil Toyota? Ini Daftar Terlarisnya

Toyota Grand New Avanza
Sumber :
  • Rendra Saputra/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Meski industri otomotif tanah air masih belum membaik, namun PT Toyota Astra Motor (TAM) boleh sedikit 'tersenyum’. Bagaimana tidak, khusus di bulan Mei 2016 lalu, penjualan ritel Toyota sedikit membaik. Bahkan, penjualan ritel di bulan Mei menjadi yang tertinggi di tahun 2016.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

Penjualan Toyota secara retail pada Mei 2016 mencapai 33.624 unit dan meraih market shares sebesar 39 persen. Menurut Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, pencapaian ini membuat Toyota sedikit optimistis menatap tahun 2016 ini.

“Pencapaian ini tentu memberikan keyakinan yang lebih kuat lagi bagi kami dalam melihat prospek pasar otomotif nasional sepanjang 2016,” kata Henry, dalam keterangan tertulis, Selasa 21 Juni 2016.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Kata Henry, Mei 2016 semua segmen kendaraan penumpang Toyota di pasar ritel mengalami pertumbuhan signifikan dibandingkan April 2016. Pertumbuhan tertinggi pada Mei lalu dicapai di segmen sedan sebesar 47,9 persen. Diikuti segmen SUV yang tumbuh 19,4 persen, segmen 4x4 yang tumbuh 12,3 persen, hatchback yang tumbuh 7,4 persen, serta MPV yang tumbuh 3,5 persen.

Sepanjang Mei 2016, Toyota Avanza masih menjadi kontributor utama penjualan Toyota dengan total penjualan ritel 14.027 unit atau tumbuh 5,5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan ritel Avanza pada Mei lalu tercatat sebagai yang tertinggi sepanjang 2016.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Segmen sedan Toyota yang mencatatkan pertumbuhan tertinggi di pasar ritel bulan lalu, ditopang oleh membaiknya kinerja entry sedan yang tumbuh tiga kali lipat lebih, dari 103 unit pada April menjadi 339 unit pada Mei lalu.

Sementara itu, segmen SUV Toyota di pasar ritel Mei lalu tumbuh sebesar 19,4 persen dibandingkan dengan pencapaian  bulan sebelumnya. Dua produk Toyota, Rush di segmen medium SUV, dan All Fortuner di segmen high SUV, meraih peningkatan penjualan.

Disebutkan, versi terbaru Toyota Rush dengan kapasitas tujuh penumpang rupanya mampu terjual 2.418 unit atau tumbuh 7,4 persen dibandingkan dengan April 2016.

Sementara All New Toyota Fortuner yang diluncurkan pada awal tahun ini, memimpin segmen high SUV dengan angka penjualan sebesar 3.007 unit dengan market shares 58,4 persen di kelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya