Perbandingan Biaya Servis Avanza di Bengkel Resmi dan Umum

Toyota Grand New Avanza.
Sumber :
  • Dok: Toyota Astra Motor

VIVA.co.id – Tak dipungkiri jika biaya servis sebuah kendaraan menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membeli mobil. Nah, dalam kesempatan ini VIVA.co.id akan mencoba mengulas biaya servis salah satu mobil andalan Toyota, Avanza.

Viral Aksi Cepat Maling Curi Ban Serep Truk di Jalan Tol

Menurut Rudi, service advisor bengkel resmi Toyota, untuk besar biaya servis mobil Avanza dapat dibedakan menjadi servis besar dan servis ringan. Menurutnya servis besar biasa dilakukan saat akan menempuh perjalanan jauh seperti saat musim mudik lebaran.

“Tapi, belum tentu juga, service besar harus dilakukan pada setiap mobil, tergantung kondisinya,” kata Rudi.

Armada Taksi Baru Bluebird Lebih Nyaman

Menurut Rudi, untuk biaya servis besar di bengkel resmi Toyota, mobil Avanza akan dibanderol sama dengan jenis lain seperti Rush yakni Rp1,45 juta.

“Harga tersebut belum termasuk promo, service besar kami berikan fasilitas balancing, spooring, ganti filter oli, ganti oli mesin Toyota, iyang meliputi membersihkan intake, rem, dan menguras oli mesin,” kata Rudi.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Sedangkan untuk bengkel umum, seperti Akon Racing Team (ART) biaya servis besar Avanza dibanderol Rp1,29 juta. Menurut Akon, juragan bengkel service ART, biaya servis sebenarnya tidak bisa dipatok, tergantung kondisi mobil saat dibawa ke bengkel. Tapi, kalau untuk perjalanan jauh tidak ada salahnya melakukan servis besar.

“Harga ini sudah termasuk tune-up dengan membersihkan saluran intake, bersihkan filter oli, bersihkan filter udara, kuras minyak rem. Selain itu, pemeriksaan air radiator, oli transmisi, oli gardan. Untuk pergantian hanya oli mesin dengan Eneos, dan busi standar pabrik,” katanya.

Sementara ada lagi nih yang lebih murah, hanya berbeda oli mesin saja. Di Amiaw Motor Sport (AMS), biaya service besar Avanza seharga Rp1,27 juta. “Iya kami berikan harga itu sebagai estimasi service besar yakni, tuneup, ganti oli mesin Idemitsu, bersihkan filter oli, periksa oli transmisi, gardan, service rem, ganti filter udara dan busi,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya