Kelebihan dan Kekurangan Roof Box dan Roof Rack Saat Mudik

Roof Box pada kendaraan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Saat mudik terkadang barang bawaan akan melebihi kapasitas bagasi mobil, sehingga penumpang di dalamnya merasa tidak nyaman karena ruang yang sempit. Cara mengakalinya agar tetap memiliki ruang bagasi tambahan, menggunakan roof box dan roof rack.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Menurut Gema Wahyu, Head of Hapro Indonesia, menggunakan roof box dan roof rack saat mudik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika menggunakan roof box sudah jelas ruang bagasi mobil jadi lebih lega dan keadaan barang di atas lebih aman dibanding menggunakan roof rack yang hanya diikat.

“Rata-rata roof box bagus, sistem kuncinya di tiga titik saat sekali ditekan. Jadi ketika melewati permukaan jalan yang kurang bagus dan menghasilkan getaran, roof box tidak akan mudah terbuka,” kata Gema saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 Juni 2016.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain itu, box juga dapat melindungi barang bawaan Anda dari hujan dan panas. “Kalau yang bagus, barang bawaan tidak lembab karena faktor hujan, dan tidak rusak karena terkena paparan sinar matahari,” katanya.

Namun, kalau hanya menggunakan roof rack tingkat kemanan barang tentu lebih sensitif. Kalau pakai roof rack memang terlihat lebih simpel, tapi barang bawaan berpotensi tidak aman dari orang lain saat mobil berhenti.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Pasalnya, barang yang diletakan di roof rack hanya bisa diikat dan diselimuti oleh terpal atau bahkan pembungkus lainnya agar tidak terkena panas atau hujan. “Dari faktor cuaca barang bawaan sudah jelas tidak aman. Tapi, kalau pakai roof rack ketinggian mobil dan handling mobil lebih stabil dibanding roof box,” tuturnya.

Kenapa? Menurutnya, untuk mobil sekelas SUV jika menggunakan roof box meskipun sudah sesuai dengan ukuran, saat melewati pintu tol khusus mobil pribadi pasti mentok. “Iya SUV kan sudah tinggi, jadi harus melewati jalur antrean bareng truk dan bus lainnya,” katanya.

Tapi, jika menggunakan roof rack masih aman dari ketinggian. “Soalnya barang bawaan yang menentukan tinggi atau tidaknya. Kalau roof box kan memang diameter tingginya sudah tidak bisa ditentukan, hanya perlu menyesuaikan berat barang bawaan agar sesuai kapasitas box itu sendiri,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya