Daftar Negara yang 'Doyan' Mobil Buatan Indonesia

Perakitan All New Kijang Innova di Pabrik Toyota Karawang 1
Sumber :
  • VIVA.co.id/Hadi Suprapto

VIVA.co.id – Mobil buatan Indonesia kerap dipandang sebelah mata. Termasuk mobil Esemka yang kini tak jelas ujungnya. Padahal, sejumlah merek otomotif kondang mempercayakan Indonesia sebagai basis produksi dengan mendirikan pabrik di Tanah Air.

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Tak terkecuali Toyota lewat PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Menurut Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT TMMIN, I Made Dana Tangkas, khusus di Mei 2016, ekspor Toyota mengalami peningkatan 22 persen dibandingkan periode yang sama di 2015, yakni dari 15.300 unit menjadi 18.600 unit.

“Respon konsumen yang positif menjadi pemicu semangat kami untuk mengejar target ekspor yang ditetapkan di awal tahun agar dapat dicapai dengan baik,” kata Made di Jakarta, Selasa, 21 Juni 2016.

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

Toyota Indonesia sendiri memang telah ada  di Indonesia sejak 45 tahun lalu dan  TMMIN dalam beberapa tahun terakhir  terus melebarkan sayapnya dengan memperluas kapasitas pabriknya yang berlokasi di Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

Beberapa produk yang dibuat antara lain Kijang Innova, Fortuner, Etios Valco, Vios, Limo, dan Yaris. Selain kendaraan dalam bentuk utuh, Toyota Indonesia juga membuat mesin.

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

Setidaknya, Toyota Indonesia telah mengekspor ke 70 negara berupa kendaraan utuh atau Completely Built Up (CBU), Complete Knock-Down (CKD), mesin dan sejumlah komponen.

Berikut daftar negara yang menjadi target ekspor Toyota:

CBU

Kijang Innova: Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, dan Karibia.

Fortuner: Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Yordania, Libanon, Suriah, Oman, Kuwait, Bahrain, Yaman, Filipina, Nigeria, Ghana, Amerika, Latin, dan Karibia.

Vios: Uni Emirat Arab, Yordania, Bahrain, Libanon, Qatar, Yaman, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Yaris: Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

CKD

Filipina, Malaysia, Vietnam, Venezuela, Mesir, dan Kazakhstan

Komponen kendaraan

Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Jepang, Taiwan, Cina, India,Pakistan, Kazakhstan, Australia, Africa Selatan, Egypt, Brazil, Venezuela, dan Argentina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya