Ganti Gigi Pakai Tangan, Motor TVS Bakal Lebih Irit

TVS Draken X21 concept
Sumber :
  • indianautosblog

VIVA.co.id – Produsen sepeda motor asal India, TVS Motor Company, sepertinya akan segera mempersenjatai produk-produknya dengan sebuah transmisi paling canggih. Ya, TVS telah mendapatkan persetujuan untuk menggunakan sistem transmisi semi otomatis terbarunya.

Daftar Harga Skutik per April 2019, Masih Ada yang Rp12 Jutaan

Pada Mei lalu, TVS mengajukan hak paten untuk transmisi semi otomatis atau semi-automatic transmision (SMT). Kini dengan persetujuan yang dikantongi TVS, maka teknologi transmisi terbaru  ini dapat disematkan pada beberapa produk mereka.

Sebenarnya transmisi ini telah diuji coba pada motor Jive milik TVS pada 2010 silam. Dengan teknologi ini, pengendara motor TVS hanya perlu menekan dua tombol yakni naik dan turun untuk menambah atau mengurangi gigi pada motor.

Hadir di Indonesia, Dua Merek Motor Ini Harganya 'Bersahabat'

Dengan teknologi sistem transmisi ini, para pengendara motor TVS diharapkan tak perlu lagi menghabiskan banyak tenaga untuk menginjak perseneling dan menggerakkan telapak kaki. Selain itu, kemungkinan selip saat pelepasan kopling juga dapat dihindari.

Yang tak kalah penting, karena tidak ada selip saat pemindahan kopling tentu motor dengan teknologi ini akan lebih irit bahan bakar. "Sistem transmisi ini akan menghemat bahan bakar dari 2 hingga 5 persen dalam kondisi mengendarai perkotaan," tulis pernyataan resmi TVS seperti dilansir Motorcycle.com, Rabu 22 Juni 2016.

Merek Motor India Ini Absen di Pameran IMoS 2018

Yang terakhir, karena kaki tak lagi harus bekerja maka teknologi pada sistem transmisi ini juga dapat memperkecil risiko kecelakaan tentunya.

TVS NTORQ 125

Motor Berfitur Modern Ini Resmi Meluncur di RI Harganya Rp19 Juta

Motor TVS Indonesia mengklaim bahwa TVS NTORQ 125 disuguhkan untuk memenuhi kebutuhan anak muda, performanya dirancang dari TVS Racing

img_title
VIVA.co.id
13 Oktober 2021