Cacat, Yamaha Mulai Tarik R25 dan MT-25 Bulan Depan

Yamaha YZR-R25
Sumber :
  • VIVAnews/Anry Dhanniary

VIVA.co.id – Pabrikan sepeda motor berlogo garpu tala, Yamaha, melakukan pengumuman penarikan kembali (recall) terhadap sejumlah motor sport menengahnya, yakni R25 dan MT-25. Motor yang dibuat di Indonesia itu, di-recall karena bermasalah pada sejumlah komponennya.

Bisa Dipesan, Motor Baru Pesaing Yamaha MT-25 Dijual Rp26 Jutaan

Menurut Assistant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur, Yamaha Indonesia akan bertanggung jawab penuh atas cacat produksi ini.

“Sampai saat ini kami masih menyiapkan komponen pengganti. Nanti sampai akhir Juni sepertinya sudah tersedia semuanya, jadi bisa diganti komponen yang bermasalah,” ujar Masykur kepada VIVA.co.id, Rabu, 22 Juni 2016.

Gagahnya Yamaha MT 25 dengan Warna dan Grafis Baru

Baca juga:

Untuk recall, Masykur mengatakan, pemilik R25 dan MT-25 bisa langsung menyambangi diler Yamaha berlogo R Shop, mulai 12 Juli 2016 mendatang.

Motor Gahar Suzuki GSX-S300 Resmi Meluncur, Tantang Yamaha MT-25

“Tindakan akan kita lakukan mulai 12 Juli. Kalau ditanya sampai kapan, pokoknya sampai semua yang terkena recall itu diperbaiki. Perbaikan dilakukan hanya di diler Yamaha berlabel R Shop,” kata Masykur.

Sebagai informasi, komponen yang bermasalah pada R25 terdapat di gigi penggerak pompa oli yang ada di bak mesin sebelah kanan, disebut rompal lantaran sirkulasi tekanan oli yang kurang. Perbaikannya, yakni dengan cara menggantinya dengan yang baru.

Komponen selanjutnya pada R25 yang bermasalah ialah laher yang tidak cukup kuat menerima tekanan kopling, sehingga mengakibatkan proses pindah gigi jadi susah.

Sedangkan pada MT-25, masalahnya jalur selang rem depan yang bersinggungan dengan radiator. Lambat laun, ini bisa menjadi masalah besar, karena dikhawatirkan salah satu komponen akan rusak dan harus segera diperbaiki.

Sementara itu, Muhammad Abidin, GM After Sales & Motorsport YIMM menjelaskan, Yamaha akan mengganti tiga komponen yang bermasalah dengan gratis, alias konsumen tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

Kata dia, ada 20 ribu unit R25 dan MT-25 yang masuk dalam kampanye recall Yamaha Indonesia ini. "Yamaha akan mengganti gratis tanpa dipungut biaya," kata Abidin kepada VIVA.co.id.

Saat ini Yamaha terus mendistribusikan komponen yang mengalami kerusakan, seperti pompa oli, bearing, dan selang rem pada pelat kopling ke sejumlah R Shop di Tanah Air.

"Untuk suku cadang yang akan diganti, sudah tersedia 100 persen di akhir Juni ini," tutur dia.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya