Trik Kilat Pasang Ban Copot saat Kondisi Darurat

Ilustrasi pelek dan ban mobil.
Sumber :
  • Webcartop

VIVA.co.id – Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan dengan mengendarai mobil, ada baiknya selalu melakukan pengecekan. Salah satunya pada bagian kaki-kaki. Sebab, pada bagian kaki-kaki sangatlah penting. Bahkan, beberapa kasus yang sangat fatal dan sering terjadi yakni salah satu roda terlepas.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Penyebabnya, dikarenakan pemasangan mur roda tidak kuat saat mengikat ke as roda. Alhasil, ban terlepas di tengah jalan. Namun yang menimbulkan pertanyaan jika ban mobil yang terlepas dan ditemukan di tepi jalan, bagaimana jika semua mur roda yang bentuknya kecil hilang?

Menurut General Manager (GM) Marketing PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo, ada trik khusus yang bisa diterapkan. Yakni, melepas satu mur di setiap roda yang masih terpasang.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Apakah ini tidak berbahaya? “Teorinya ini bisa (diambil satu mur di setiap ban). Tapi setelah bertemu bengkel, tentu harus segera dipasang kembali,” ujar Arijanto saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kata Arijanto, meski hal ini tidak dianjurkan, namun jika keadaan darurat, cara tersebut sangat ampuh dan dapat dijadikan solusi. “Jangan terlalu lama digunakan dalam perjalanan jauh. Sebab, saat ini jumlah bengkel sudah banyak, harga mur pun tak begitu mahal,” ungkapnya.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Namun yang perlu diperhatikan, di setiap mobil diharuskan telah dilengkapi berbagai perlengkapan bongkar ban, mulai dari dongkrak, ban cadangan dan kunci roda.

Baca juga:

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022