Pajak Sedan Dipangkas, Honda Indonesia Pasang 'Kuda-kuda'

Sejumlah buruh merakit mobil di pabrik PT Honda Prospect Motor, Karawang.
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVA.co.id – Desakan Gabungan Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) agar pemerintah menurunkan pajak sedan dari 30 persen menjadi 10 persen disambut antusias perusahaan mobil Honda di Indonesia melalui PT Honda Prospect Motor (HPM).

HR-V Baru Siap Hadir! Gimana Nasib SUV RS Calon Pesaing Raize

Hal ini pun disampaikan langsung Marketing & After Sales Service PT HPM Jonfis Fandi saat acara media gathering di kawasan Thamrin, Jakarta. Menurut dia, jika pajak diturunkan, maka tidak menutup kemungkinan Honda membuat sedan di Tanah Air.

"Bukan hanya bawa sedan di impor (dijual di Indonesia) tapi juga mau produksi di sini," ujar Jonfis.

Mobil Buatan Indonesia Bakal Jadi Sorotan Dunia Bulan Depan

Menurut Jonfis, jika pajak sedan disamakan dengan model lainnya yakni sebesar 10 persen, maka hal itu tentu akan mampu menarik karena harga jual sedan menurun.

Selain itu, jika sejumlah pabrikan otomotif memproduksi sedan di Tanah Air, tentu saja kemungkinan yang terjadi harga sedan akan lebih turun lagi.

Besok Mobil Baru Buatan RI Jadi Sorotan Dunia, Ini Buktinya

Namun sayang Honda masih belum mau membocorkan model apa yang direncakan akan diproduksi di Indonesia jika pajak sedan menjadi 10 persen.

Saat ini Honda memiliki tiga model yakni Honda City di segmen mini sedan, lalu Honda Civic di segmen small sedan dan Honda Accord di segmen medium sedan. Semua sedan Honda saat ini dikirim utuh dari Thailand.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya