Trik Gampang Bikin Pelek Lecet Jadi Mulus

Pelek mobil.
Sumber :
  • Carbuzz

VIVA.co.id – Terkadang, ada sebagian pengendara mobil yang merasa tak percaya diri dengan pelek kendaraan bawaan pabrik yang lecet, atau sudah mulai pudar warnanya. Jika sudah begitu, pasti terbersit ingin membeli pelek baru, agar tampilan menjadi kembali menarik.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Padahal, Anda tak perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang untuk menebus pelek mobil baru. Menurut Wahyu, pemilik bengkel reparasi pelek bekas di Bekasi Barat, ada cara ampuh yang bisa diterapkan, agar pelek kembali menawan.

Seperti dilansir situs resmi Toyota, Kamis 23 Juni 2016, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengampelasnya dengan ampelas halus. Setelah pengampelasan selesai, lanjutkan dengan memoles pelek dengan menggunakan wax, agar kembali kinclong.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Anda juga bisa mencat ulang pelek jika ingin tampilan lebih mengkilap. Bisa juga dengan mudah gunakan cat semprot kalengan. Untuk mengerjakannya, ada baiknya Anda menutup bagian ban dan bodi dengan koran, sebelum memulai mengecat untuk hasil yang lebih baik dan rapi.

"Tips ini cocok bagi mereka yang tidak ingin direpotkan dengan membongkar-pasang empat unit ban mobil. Tetapi, memang harus kerja ekstra menutup bagian lain seperti pinggiran ban, hingga bodi mobil yang berdekatan ban agar tak kena semprot," kata dia.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kata Wahyu, ada hal yang perlu diingat, bahwa cat semprot jika dikerjakan di luar ruangan, bisa saja terbawa angin dan menempel di bodi mobil.

"Kaliper rem dan cakram juga perlu ditutup. Tetapi, hal yang terbaik tentu mengecat dengan cara membuka pelek dan melakukan pengecatan di tempat yang jauh dari mobil. Sehingga, mobil tidak terkena cat dan hasilnya jadi lebih rapi," kata dia.

Baca juga:

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya