MINI Akan Ikuti 'Jejak' BMW Dirakit di Indonesia?

Mobil Mini Cooper
Sumber :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto Musafirian

VIVA.co.id – BMW Group Indonesia, selaku Agen Pemegang Merek, BMW dan MINI di Tanah Air, telah melakukan perakitan secara lokal di Indonesia untuk salah satu mereknya. Tak banyak masyarakat yang tahu, meski berstatus merek premium asal Jeman, beberapa model BMW telah dirakit secara lokal, tepatnya di pabrik PT Gaya Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara.

BMW 320i Dynamic Terbaru Jadi Seri 3 Termurah di Indonesia

Lalu bagaimana dengan merek MINI, apakah BMW Group memiliki rencana yang sama dengan mobilnya tersebut? Menanggapi hal ini, Head of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O'tania mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum memiliki rencana untuk melakukan perakitan MINI di Tanah Air.

“Kalau sampai saat ini belum, karena itu semua masih di produksi di Oxford, Inggris. Seperti saya bilang sebuah brand historical seperti MINI itu tidak mudah di rakit secara lokal,” kata Jodie saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

Mini Cooper Listrik Diboyong ke Indonesia Tahun Depan

Selain itu, Jodie menegaskan bila merek MINI memiliki kebudayaan Inggris yang kental sebagai salah satu ciri khas kendaraan 'mungil' tersebut. Bahkan, MINI sempat memberikan nama kepada beberapa modelnya dengan nama jalan di Inggris.

“Karena kalau ketemu dengan orang-orang pengila MINI kulturnya itu sangat Inggris. Memang brand Mini ini hidup bersama mereka dengan banyak sekali hal-hal yang berkaitan dengan kebudayaan Inggris. Dulu ada nama-nama kendaraan mini diambil dari nama-nama jalan yang ada di kota London. Jadi memang lebih kepada historical. Dari pertama kali MINI hadir di sana, sehingga sangat dipertahankan,” kata Jodie.

Parkir Mobil BMW Ini Bikin Orang Jengkel Hingga Telat Jalan Kerja

Sebagai informasi, pabrik yang telah merakit mobil BMW selama 2011 tersebut telah memproduksi lima model mobil, yakni; X5 Advance; sedan seri 3 dan seri 5; All New X1; serta X3, hingga saat ini.

BMW Indonesia di GIIAS 2021

BMW Indonesia Raih Transaksi Rp1 Triliun Lebih di GIIAS 2021

Dalam 11 hari pameran di GIIAS 2021, BMW Group Indonesia berhasil menjual sebanyak 673 unit mobil BWM dan Mini dengan nilai transaksi Rp1 Triliun lebih.

img_title
VIVA.co.id
25 November 2021