KIA Carens Pensiun dari Indonesia

All New KIA Carens
Sumber :
  • Carscoop

VIVA.co.id – Mobil di kelas Multi Purpose Vehicle  (MPV) memang menjadi favorit di Indonesia. Tak heran sejumlah pabrikan kemudian tergiur dan berhasil menjual mobil di segmen tersebut di pasar otomotif nasional dengan angka yang memuaskan.

Bocoran Harga Sedan Keren, dan Merek Mobil Terlaris

Di tengah suburnya penjualan MPV, namun dewi fortuna rupanya tidak berpihak pada perusahaan mobil asal Korea Selatan, KIA. Ya, KIA Carens, rupanya sudah tidak dijual lagi di Indonesia. Hal itu pun diungkapkan langsung Direktur Marketing PT KIA Motors Indonesia (KMI) Hartanto Sukmono.

“Carens tidak jual lagi, seperti saya katakan, mempertahankan sebuah tipe atau meluncurkan tipe baru harus melihat dari beberbagai segi, kompetitif dan juga persiapan suplai,” ujar Hartanto kepada awak media saat ditemui di Pullman, Central, Park, Jakarta.

Muat 7 Penumpang, Mobil Baru Ini Lebih Luas dari Toyota Avanza

Menurutnya, Carens merupakan MPV yang berada di segmen "C", sementara pasar MPV yang menggiurkan dan laris di pasaran berada di kelas "B".

Hartanto mengakui, Carens dari segi harga memang kurang kompetitif. Jika melihat daftar harga, mobil ini dibanderol mulai dari Rp266-280 jutaan. Terbilang lebih mahal ketimbang kompetitor lantaran mobil ini diimpor utuh dari negeri asalnya alias Completely Built Up (CBU). Alhasil, mobil yang dijual dikenakan pajak lebih mahal.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

“Jadi lebih baik kita slow down, saat ini belum bisa by order,” ujarnya.

Sementara itu, melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), KIA Carens berada di kelas medium MPV. Di kelas ini memang tak begitu seksi penjualannya, hanya saja Carens harus berjuang dengan merek ternama lainnya seperti Toyota Kijang Innova, Nissan Grand Livina, Honda Freed, dan juga Isuzu Panther.

Data Gaikindo menyebutkan, penjualan medium MPV sepanjang Januari-Mei 2016 secara nasional terjual 29.368 unit, sementara dari angka itu, KIA Carens tak mampu terjual satu pun.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya