Rekor Baru Mobil Tercepat di Dunia Buatan Mahasiswa

Mobil cepat Grimsel.
Sumber :
  • Ethz

VIVA.co.id – Sebuah mobil balap listrik karya mahasiswa Swiss telah memecahkan rekor dunia sebagai kendaraan dengan akselerasi tercepat dengan tenaga baterai.

2 Angkot Biru Ini Jadi Viral di Media Sosial

Seperti dilansir BBC, Jumat, 24 Juni 2016, mobil dengan nama Grimsel tersebut mampu mencatatkan waktu 1,513 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam. Hingga saat ini, diketahui, belum ada mobil dengan tenaga bensin yang mampu menciptakan hasil serupa.

Sebelumnya, mobil dengan tenaga serupa berhasil diraih oleh tim dari University of Stuttgart tahun lalu, dengan mencatatkan waktu 1,779 detik untuk mencapai kecepatan 100 kilometer per jam. Sebagai perbandingan, kendaraan produksi tercepat yang dimiliki oleh Porsche 918 Spyder hybrid saja hanya mencatatkan waktu 2,2 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

Cara Pemotor Hindari Basah saat Hujan Ini Bikin Warganet Tersenyum

Grimsel berhasil dibangun dan disempurnakan oleh 30 mahasiswa yang belajar di ETH Zurich (ETZ). ETZ mengatakan, sistem penggerak empat roda yang digunakan oleh Grimsel adalah kunci untuk kecepatannya.

Selain itu, ada pula sebuah motor yang dipasang pada setiap roda, hingga akhirnya mobil ini memiliki sistem kontrol traksi canggih yang menyesuaikan kinerja masing-masing untuk memaksimalkan torsi. Dengan menggunakan serat karbon, mobil ini hanya memiliki berat 168 kilogram. Rekor tersebut berhasil diciptakan di lintasan balap, di pangkalan udara Dubendorf, Zurich.

Honda Jazz Nekat Masuk Jalur Sepeda, Sanksinya Enggak Main-main

Baca juga:

Ilustrasi mencuci mobil

Puluhan Orang Didenda Gara-gara Mencuci Mobil

Hanya dalam tiga hari, pemerintah setempat telah mendenda 22 pelanggar dengan total 110 ribu rupee atau sekitar Rp20 jutaan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024