Hak Cipta Range Rover Evoque dan Tiruannya Sama-sama Ditolak

Landwind X7
Sumber :
  • Carscoops

VIVA.co.id – Produsen mobil mewah asal Inggris, Jaguar Land Rover, harus gigit jari dengan gugatan yang mereka tujukan kepada perusahaan Tiongkok.

Ahok Ulang Tahun, Dapat Kado 'Mobil' dari Sang Istri

Gugatan tersebut dilakukan, karena perusahaan Tiongkok meniru salah satu produk Range Rover, yaitu Lanwind X7, yang bentuknya sama persis dengan Range Rover Evoque.

Namun, menurut pemerintah Tiongkok, Jaguar Land Rover tidak dapat melakukan gugatan kepada Jiangling Motors. Hal ini karena hak paten untuk Evoque dianggap tidak sah.

Range Rover Termurah Versi Baru Mengaspal di Jakarta

Dilansir dari Autonews, Jumat 24 Juni 2016, pengacara dari Zhong Lun Law yang biasa menangani hak cipta, Chen Jihong menjelaskan, hak paten Evoque di Tiongkok yang masuk pada April lalu tidak sah.

Alasannya, desain tersebut telah ditampilkan atau diterbitkan di tempat lain, sebelum permohonan paten diajukan.

Terbukti Jiplak, Range Rover KW dari China Tak Boleh Dijual

Sementara itu, pada Mei 2016, hak paten yang diajukan Jiangling untuk Landwind X7 juga ditolak, dengan alasan terlalu mirip dengan desain Evoque.

Pembatalan hak paten Jaguar Land Rover pada produk Evoque rupanya tidak akan menghentikan produsen asal Inggris tersebut untuk mengajukan tindakan hukum baru kepada Jiangling Motor.

Chen Jihong menambahkan, Jaguar Land Rover masih bisa melakukan gugatan yang lainnya, seperti mengajukan ke pengadilan perihal persaingan yang tidak sehat sehingga membingungkan konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya