Selamat Tinggal KIA Morning

KIA Morning 1.0
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Kehadiran mobil murah ramah Lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) tiga tahun lalu membuat PT KIA Motors Indonesia memutuskan untuk menghadirkan city car baru di 2014, yang disebut KIA Morning.

Beli Mobil Kia Sonet, Antrinya Sampai Bulan April 2021

Morning diposisikan di bawah KIA Picanto. Mobil ini memang dirancang untuk menghadapi gempuran penjualan mobil murah. KIA Morning juga disematkan mesin Dual CVVT dengan kapasitas 1.000cc.

Namun kini, nama Kia Morning menghilang. Bahkan tipe ini tak ada di data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Jangan Kaget, Bakal Ada yang Baru di Jajaran Produk Kia Mobil

Menanggapi hal itu, Direktur Marketing KMI Hartanto Sukmono ikut angkat bicara. Menurutnya, saat ini KIA telah melakukan restrukturisasi di kelas Pincato.

“Jadi, kita tidak jual Morning lagi secara keseluruhan,” kata Hartanto, Jumat, 24 Juni 2016.

Kia Mobil Luncurkan Carnival Atap Tinggi, Gak Kalah Mewah

Kendati demikian, hilangnya nama Morning ternyata membuat Picanto kini tersedia dalam empat pilihan, yaitu Picanto MT (manual transmission), Picanto AT (automatic transmission), Picanto Option (AT), dan Picanto Platinum (AT).

Perbedaan yang mencolok dari Picanto versi paling murah, selain disuguhkan hanya dalam pilihan transmisi manual, juga pada pengurangan fitur dan aksesori.

Sementara menurut General Manager Group KIA Indonesia Ridjal Mulyadi, penghentian penjualan Morning sudah resmi dilakukan sejak Mei lalu.

Kendati demikian, Ridjal mengaku masih ada konsumen yang justru ingin melakukan upgrade dari model Picanto ke Rio.

“Ini karena mereka sudah merasakan produk dan menyukai bentuknya,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya