Trik Jaga Konsentrasi Mengemudi: Minum Air dengan Lemon

Ilustrasi. Mengemudi.
Sumber :
  • kusukkasak.com

VIVA.co.id – Musim mudik Lebaran tak lama lagi bakal dilakukan jutaan orang di Tanah Air ke kampung halaman. Sejumlah persiapan pun mulai dilakukan para pemudik, tak terkecuali yang ingin mudik dengan kendaraan pribadi, seperti melakukan servis dan sebagainya.

Jelang Ramadhan, Zaidul Akbar Bagikan Resep Sirup Sehat Buat Buka Puasa

Namun, ada yang tak kalah penting juga dan patut diperhatikan para pemudik, yakni makanan-makanan yang sebaiknya dihindari saat berkendara atau jadi referensi saat mudik Anda. Ini terbilang penting, demi keamanan dan kenyamanan saat melakukan mudik.

Menurut Sony Susmana, Chief trainer dari Safety Defensif Konsultan Indonesia (SDCI), pertama yang harus diperhatikan yakni asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Terutama bagi pemudik yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. "Perjalanan jauh umumnya akan menguras energi baik pengendara maupun penumpang," kata Sony saat berbincang dengan VIVA.co.id.

3 Tren Minuman di 2022 yang Patut Dihindari, Jangan Dicoba!

Kedua, dia menganjurkan menghindari meminum kafein dalam jumlah banyak sebelum mudik. Kadar glukosa pada tubuh juga patut diperhatikan, karena kadar glukosa yang cukup tinggi dalam tubuh akan membuat Anda cepat letih. Disarankan bagi pemudik untuk membuat sendiri racikan minuman berenergi seperti air dengan perasan lemon.

"Khasiat lemon menjaga tingkat konsentrasi tubuh Anda. Tubuh juga membutuhkan asupan karbohidrat yang teratur. Maka dari itu, usahakan Anda makan camilan setiap dua jam sekali," ujarnya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Selain itu, hal yang ketiga harus diperhatikan saat menjalani mudik yaitu beristirahat dengan cukup. "Aktivitas ini seringkali diabaikan oleh pemudik. Jangan berkendara lebih dari empat jam dalam satu hari atau lebih dari 150 kilometer per jam. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga tingkat konsentrasi ketika mengemudi. Jangan paksakan kondisi tubuh untuk berkendara lebih jauh dari kemampuan Anda," kata dia.

Dengan beristirahat sejenak, menurutnya, dapat menghilangkan rasa lelah dan jenuh. Saat sedang beristirahat, usahakan keluar dari kendaraan untuk mendapatkan suasana baru di sekitar Anda. Jika terlalu lelah, tidak ada salahnya untuk memejamkan mata sejenak.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya