Begini Kabin Toyota C-HR, Penantang Honda HR-V

Toyota C-HR.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id – Perusahaan otomotif asal Jepang, Toyota, telah menampilkan secara resmi mobil terbaru mereka, CH-R versi produksi, di ajang Geneva Motor Show 2016 lalu. Mobil tersebut merupakan kendaraan bergenre crossover yang sengaja dibuat untuk menandingi sejumlah rivalnya, di antaranya Honda HR-V dan Nissan Juke di pasaran.

Setelah Voxy, Toyota Sienta Baru Siap Mengaspal Agustus 2022?

Menurut laporan, mobil ini akan tiba perdana di showroom-showroom Eropa sebelum akhir 2016. Demikian dilansir Indianautosblog, Selasa, 28 Juni 2016. Negara yang pertama akan mendapatkan C-HR adalah Inggris.

Kabar terbaru, kabin dari C-HR versi produksi akhirnya terungkap setelah Toyota merilisnya. Interior Toyota C-HR terlihat mengusung kesan sporty. Ada sentuhan kurva di bagian dashboard dan sejumlah tombol. Jika diberi penilaian, meski desain nampak sederhana, namun terlihat kontemporer dengan sentuhan modern.

Hadir di RI Sore Ini, Bocoran Harga Toyota Voxy Baru Bikin Kaget

Terlihat pula hiburan layar sentuh berukuran 6,1 inci bersama dengan jam digital. Bagian konsol tengah, terlihat sedikit miring yang memudahkan pengemudi untuk memantaunya.

Sebagai catatan, Toyota C-HR dibangun dengan platform terbaru Toyota New Global Arsitektur (TNGA). Platform ini juga menjadi dasar bagi generasi keempat Toyota Prius. C-HR memiliki ukuran panjang 4.350 milimeter, lebar 1.795 milimeter dan tinggi 1.550 milimeter. Sementara wheelbase, yakni 2.640 mm.

Mengejutkan, Perbandingan Tenaga Fortuner Baru yang Hadir di 2022

Menurut Direktur Penjualan Toyota Inggris, Mark Roden, C-HR Eropa dengan Asia nantinya akan berbeda spesifikasi. Untuk Eropa, produksi sendiri akan dilakukan di pabrik manufaktur mereka di Turki.

Kabin Toyota C-HR.

Toyota C-HR akan dijual di Inggris dengan dua pilihan mesin. Pertama, adalah mesin turbocharged 1.2-liter yang pertama kali ditampilkan di Toyota Auris. Mesin bensin empat silinder ini diketahui dapat meledakkan tenaga sekira 85 kW (114 horse power) dan torsi 185 newton meter. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual enam-percepatan atau transmisi CVT.

Pilihan tenaga penggerak kedua yakni sistem hibrida yang terdiri dari mesin bensin 1.8-liter yang mengembangkan tenaga 120 horse power. Transmisi CVT akan menjadi standar pada model ini.

Toyota C-HR versi produksi.

Kapan masuk Indonesia?

Karena sudah termasuk menjadi perbincangan ramai pencinta otomotif di Tanah Air, sudah menjadi hal yang mahfum jika publik Indonesia bertanya kapan C-HR debut di bumi pertiwi.

Beberapa waktu lalu, General Manager Marketing and Planning PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, sudah angkat suara seputar hal ini. Menurutnya, CH-R belum dapat diinformasikan kedatangannya ke Tanah Air. “Karena hingga saat ini mobil tersebut masih untuk pasar Eropa,” kata Anton saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Kendati demikian, kata Anton, tidak menutup kemungkinan jika CH-R juga akan dijual di Indonesia. Sebab, saat ini pasar tersebut memang terbilang seksi dan juga dilirik sejumlah kompetitor. "Hanya saja, Toyota Indonesia masih menunggu keputusan dari pihak principal Toyota di Jepang," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya