Perpanjangan STNK Kini Bisa Lewat Online

Pelayanan Samsat Outlet. [Ilustrasi]
Sumber :
  • http://samsat-cikarang.co.cc

VIVA.co.id – Pemilik kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, kini tak perlu pening ketika akan mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Instansi terkait menerapkan sistem online pada pengurusan perpanjangan dokumen tersebut. Namun, hal ini dikatakan berlaku di wilayah Jawa Timur.

Hari Bhayangkara ke-74, 4.308 Warga Ikuti Program SIM Gratis

Perpanjangan STNK secara online diketahui mulai diuji coba oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, sejak Senin sampai Kamis, 27-30 Juni 2016. "Perpanjangan STNK online di Jatim ini pertama kali di Indonesia," kata Kepala Bidang Regident Ditlantas Polda Jatim Ajun Komisaris Besar Polisi Teddy Rayendra, Selasa, 28 Juni 2016.

Dia menjelaskan, sistem online ini diuji coba di seluruh kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jawa Timur. Ia meminta masyarakat agar memanfaatkan uji coba perpanjangan STNK online tersebut sebagai bahan evaluasi.

Bikin SIM Baru Wajib Ikut Kursus Mengemudi?

"Nanti akan dievaluasi mana yang kurang dan perlu diperbaiki. Sejak diuji coba sampai sekarang belum ada laporan trouble atau masalah pada pengoperasian sistem online perpanjangan STNK itu," ucap Teddy.

Dia memaparkan, beberapa kemudahan bisa diperoleh masyarakat dengan adanya perpanjangan STNK online. Di antaranya, memperpendek jarak. "Misalnya, orang Banyuwangi kerja di Surabaya. Dia tidak perlu pulang ke Banyuwangi untuk mengurus perpanjangan STNK-nya. Di Samsat Surabaya juga bisa," ujar Teddy.

Kabar Gembira Buat yang Lahir Tanggal 1 Juli

Karena tidak perlu pulang ke daerah asal kendaraan, lanjut dia, memperpanjang STNK secara online otomatis akan memperkecil biaya dan waktu. "Selain itu juga akan melindungi masyarakat dari praktik percaloan," kata Teddy.

Bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan pelayanan online ini? Teddy mengatakan mekanismenya sama. Warga yang ingin memperpanjang STNK membawa dokumen kendaraan dan KTP ke Samsat terdekat. "Mudah-mudahan sistem baru ini bisa meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat," kata Teddy.

Pelayanan SIM gratis untuk tenaga medis di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

Polisi Layani Perpanjangan SIM Gratis bagi Tenaga Medis di Wisma Atlet

Hari ini polisi melayani SIM bagi 214 tenaga medis.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020