Lebaran Semakin Dekat, Tarif Sewa Mobil Ikut Meroket

Rental mobil
Sumber :
  • bisnisukm.com

VIVA.co.id – Tak dipungkiri, momentum Lebaran selalu dimanfaatkan untuk mendulang keuntungan. Salah satunya seperti yang dilakukan para pelaku usaha rental atau sewa mobil. Tak heran jika biaya sewa mobil menjelang Lebaran akan ikut meroket.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Yati, tenaga pekerja PT Cililitan Utama Jaya, di kawasan Dewi Sartika, Jakarta Timur, tak memungkiri jika perusahaan memang memanfaatkan momentum Lebaran untuk menaikkan harga sewa mobil.

"Pemesanan kan membeludak, biasanya menjelang Lebaran. Maka dari itu, tarif juga naik sampai dua kali lipat per mobil yang disewa," kata Yati di Jakarta, Kamis 30 Juni 2016.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Ia mencontohkan, untuk harga sewa mobil jenis Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Jika pada hari biasa tarif sewa hanya Rp350 ribu per hari, di musim Lebaran, harganya bisa menjadi Rp700 ribu per hari lepas kunci.

Karena tak mau rugi, pengusaha rental mobil juga memberlakukan sistem sewa paketan selama beberapa hari. Masyarakat yang ingin menyewa mobil hanya satu atau dua hari di masa Lebaran tidak diperbolehkan.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi

Sementara itu, Jacob Anthonius Margareta, chief operating officer Trac Astra Rent a Car Rental Services menjelaskan hal yang sama. Perusahaan memberikan tarif sewa yang berbeda dengan hari biasanya.

"Kenaikan harga sewa mobil hanya terjadi di Jakarta. Naiknya juga hanya 10 persen. Untuk di tempat lain harga masih sama dengan hari biasa," kata dia.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022