Demam Lampu LED Rambah Pecinta Sepeda Motor

Lampu LED motor
Sumber :
  • Dok: Twiinhead

VIVA.co.id – Trend penggunaan lampu Light Emitting Diode (LED) pada lampu utama sudah meracuni motor pabrikan. Seperti halnya Honda PCX150, Vario FI, Vario 150 eSP, dan All New Yamaha Soul GT, dan NMAX. Pasalnya, penyematan lampu LED bukan hanya dapat menghemat energi, pencahayaan yang dihasilkan juga lebih terang, dan motor tampil lebih dinamis.

Bukan Cuma Mobil Esemka yang Pakai Nama Garuda

Nah, jika motor kesayangan Anda belum mengandalkan lampu LED, dan ingin sekali mengaplikasikannya, jangan khawatir, kini beragam LED aftermarket sudah tersedia di setiap toko aksesoris. Seperti di Warna Motor 125 yang berada di kawasan Ciledug, Tangerang.

Harganya juga beragam, “Lampu utama merek M3C tipe H6 18 watt seharga Rp 170 ribu, dan EZE H4 15 watt harganya Rp200 ribu. Bahkan ada juga merek Luminos dua sisi dibanderol Rp225 ribu, M3C tiga sisi Rp275 ribu, Luminos tiga sisi Rp275 ribu,” ujar Agus tenaga penjual Warna Motor.

Enggak Cuma Bebas Denda, Bayar Pajak Kendaran Juga Bisa Dapat Mobil

Namun, sebelum membeli penghasil cahaya ini, pastikan dulu apakah motor yang saat ini Anda miliki mempunyai arus kelistrikan DC. Kenapa? Menurut Pak Wiet ahli kelistrikan motor yang berdomisili di Palem Ganda Asri, Ciledug ini, arus pengapian harus sudah DC, memasang LED tinggal plug and play.

“Meskipun belum, kan tinggal diubah saja jalur kabelnya. Kalau untuk motor yang sudah memiliki arus DC yakni Honda Verza, Tiger, All New CB150R, All New Honda Beat eSP, Blade 125FI, Kawasaki Ninja RR Mono, Ninja 250, Yamaha Jupiter Z1, Jupiter MX,” jelasnya.

Cara Mengganti Alamat di Surat Izin Mengemudi
Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022