Berapa Lama Usia Shockbreaker Motor Nyaman Dipakai?

Shockbreaker motor.
Sumber :
  • welovehonda

VIVA.co.id – Semakin banyaknya pengguna sepeda motor saat ini tentu saja dibarengi dengan banyaknya suku cadang yang beredar, salah satunya shockbreaker. Komponen ini menjadi salah satu hal vital, terutama untuk kenyamanan dalam berkendara.

Pagi Ini, Pemudik Sepeda Motor Padati Jalur Gentong Tasikmalaya

Saat ini, tersedia berbagai macam pilihan shockbreaker yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Mulai dari yang orisinal hingga versi palsu. Dari yang harga murah hingga yang harga super mahal. Namun tahukah Anda, kapan waktu yang ideal untuk mengganti komponen tersebut?

Menurut Teknisi Ohlins Zulfaizal, shockbreaker yang baik tidak memiliki usia penggunaan. Hanya saja untuk pengecekan, sebaiknya dilakukan oleh pemilik kendaraan saat usia shockbreaker telah mencapai tiga tahun.

Menteri Perhubungan: Mudik yang Berkeselamatan Tidak Menggunakan Sepeda Motor

“Untuk melakukan pengecekan disarankan setelah motor mencapai jarak 30 ribu kilo atau kurang lebih penggunaan selama tiga tahun. Itu untuk pengecekan secara normal,” ujar Zulfaizal saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Zulfaizal menambahkan, cara pemakaian motor juga sangat memengaruhi sistem kerja dan usia shockbreaker. Sehingga pemilik kendaraan disarankan untuk tidak menganggap enteng komponen ini.

Honda Antar 2 Ribuan Pemudik Menuju Kampung Halaman Menggunakan 59 Bus

“Kalau pemakaian normal sih biasanya segitu. Tapi semuanya balik lagi ke pemakaiannya bagaimana. Ada beberapa shocbreaker yang tidak bisa diperbaiki atau kalau rusak langsung buang. Ada juga yang bisa diperbaiki, sehingga setiap tiga tahun itu diperiksa saja, apakah membutuhkan penyetelan lagi atau ada komponen yang mengalami kerusakan,” kata Zulfaizal. (ase)

Pemudik dengan sepeda motor memadati Jembatan Suramadu.

Masyarakat Tak Disarankan Mudik Naik Sepeda Motor

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus menyampaikan masih banyak masyarakat yang memilih menggunakan sepeda motor.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024