Calya Siap Meluncur, Toyota Jorjoran Diskon Agya?

Toyota Calya.
Sumber :
  • Internal Toyota

VIVA.co.id – Toyota tak lama lagi bakal merilis mobil terbarunya yang datang dari segmen Low Cost and Green Car (LCGC), Calya. Mobil tersebut sedianya akan dijual dengan harga murah mengikuti anjuran pemerintah.

Harga Mobil Baru Toyota per Mei 2020, Calya Naik Rp1 Juta

Kabar yang sudah disampaikan banyak pihak, Toyota akan merilis Calya pada Agustus 2016, memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE, Bumi Serpong Damai, Tangerang. Lantas, bagaimana dengan Agya, yang kini rumornya didiskon jorjoran karena akan kedatangan sang kakaknya, Calya.

Menurut sejumlah wiraniaga Toyota di beberapa wilayah di Jakarta, hal itu tidak benar adanya. Menurut Setyawati Dwi, wiraniaga Auto2000 di Jakarta Selatan, sejauh ini diskon Agya masih terbilang sama dengan sebelum gembar-gembor kehadiran Calya.

Daftar Mobil Terlaris Daihatsu, Terios Bagaimana?

"Agya diskonnya saat ini Rp8 juta, standar. Sama seperti beberapa waktu lalu," kata Dwi saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Dia mengaku, jika Calya meluncur nanti, tak akan mengganggu segmen dari Agya yang sudah lebih dahulu mencari peruntungan di Tanah Air. "Kalau Calya kan kelasnya beda, dia di atas Agya tapi di bawah Avanza. Semua ada segmennya, dan tidak akan saling makan," katanya.

Penjualan Mobil LCGC Terfavorit Ini Merosot

Selain Agya, Daihatsu juga menyiapkan kembaran dari Calya, yakni Sigra. Mobil tersebut memiliki desain yang mirip dengan Calya, sama seperti halnya Avanza-Xenia, Rush-Terios, serta Agya-Ayla.

Sigra yang digadang-gadang merupakan “adik” Xenia itu, bakal mendapat pilihan enam warna. Dilansir Indianautoblog, warna-warna tersebut yakni Nebula Blue Metalic, Red Solid, Ultra Black Solid, Icy White, Classic Silver Metalic, dan Dark Grey Metalic.

Laporan terbaru juga menyebutkan, mobil LCGC tujuh penumpang itu akan melakoni debut perdananya di Tanah Air pada ajang GIIAS, di ICE, BSD, Tangerang Selatan, 11 Agustus 2016.

Jika melihat dari wujud mobil yang memiliki harga jual terjangkau ini, pesaing dari Datsun GO+ Panca itu memiliki desain dengan sejumlah kombinasi dari beberapa mobil yang ada saat ini, mulai dari Ayla, Xenia hingga Innova. Namun, dimensi mirip dengan Datsun Go+ Panca.

Yang pasti, harga dari Daihatsu Sigra tentu akan dijual dengan banderol yang lebih murah dibandingkan dengan Calya, di mana Toyota akan selalu lebih mahal ketimbang saudaranya, Daihatsu.

Menurut salah seorang wiraniaga Daihatsu, sama sepeti Calya, Sigra juga sudah bisa dilakukan pemesanan. “Sudah bisa booking fee, harganya untuk inden di angka Rp2 jutaan,” kata wiraniaga tersebut.

Angka booking fee ini memang tergolong lebih rendah jika dibandingkan dengan kembarannya Toyota Calya. Sebab, di diler Toyota, konsumen yang ingin melakukan pemesanan Calya harus membayar uang tanda pemesanan sebesar Rp5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya