Musim Mudik, Ketahui Empat Sebab Mobil Mogok di Jalan

Ilustrasi mesin mobil overheat.
Sumber :
  • Autogook

VIVA.co.id - Musim mudik sudah tiba. Bagi Anda pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus benar-benar memastikan mesin aman sebelum perjalanan dimulai, baik itu menuju kampung maupun sebaliknya.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Terkadang, mesin yang tidak sehat bikin Anda jengkel, mogok di jalan. Ditambah, Anda tak paham mesin, jadi bingung kan apa yang harus dilakukan?

Teknisi Pondok Bambu Bengkel di Jakarta Timur, Mugiman, menjelaskan bahwa penyebab mobil mogok sebetulnya hanya terletak di beberapa bagian saja. 

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Mogok biasanya disebabkan kotornya radiator mobil," katanya kepada VIVA.co.id. "Radiator tidak dirawat dengan baik."

Kedua, aki yang lemah juga jadi salah satu penyebabnya. Ini tak hanya pada mobil lama saja, tapi juga mobil baru. Aki yang lemah tidak bisa jadi stimulan dinamo bergerak menyalakan mesin. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Tapi dicek dulu kabelnya, kalau akinya masih masih bagus, kemungkinan cuma kabel longgar saja," ujar dia.

Ketiga, kipas motor yang lemah juga dapat mengakibatkan mesin overheat. Mobil juga bisa mogok jika mesin kepanasan. "Ini karena oli mesin mengering, ya jadinya mogok," kata Mugiman.

Selain itu, starter mesin mengalami kerusakan. Biasanya ini terjadi saat mesin berkali-kali distarter tak bisa nyala, sehingga setrum di aki habis. "Banyak orang tak mengerti, tinggal didorong dengan posisi netral, lalu masukkan gigi dan digas," katanya.

Sebab itu, untuk menghindari mobil mogok, ada baiknya Anda mempersiapkan dulu sebelum memulai perjalanan jauh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya