Bikin Yamaha Xabre Garang, Ini Caranya

Yamaha Xabre, ini merupakan niked bike dengan basis V-Ixion dan R15. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Rushlane

VIVA.co.id – Yamaha Indonesia memang masih terbilang baru menghadirkan Yamaha Xabre. Namun, bagi penggemar Anda sudah tak perlu khawatir jika ingin meng-upgrade performa dengan cara bore-up.

Kebangkitan Budaya Kustom Otomotif Usai Pandemi Hadir di Garage Life

Sebab, mesin naked bike garpu tala ini masih satu basis dengan Yamaha V-Ixion dan R15. Jadi masih aman nih, jika ingin menggunakan blok mesin dan piston aftermarket yang biasa digunakan untuk saudara kandungnya ini.  

Seperti yang ditawarkan Ultraspeed Racing di kawasan Kedoya, Jakarta Barat, di sini tersedia paket bore-up purnajual merek SRP yang biasa digunakan V-Ixion dan R15. Yap, paket bore-up itu blok piston berdiameter 62 mm dan head lengkap dengan klep 20/23 mm.

Ini Modifikasi Motor yang Bisa Bikin Pemiliknya Rugi

“Untuk blok dan head mesin SRP harganya beda-beda. Kalau blok dan pistonnya Rp1,8 juta, head dan klep Rp2,9 juta. Ini perhitungan yang matang jika motor digunakan untuk harian karena dengan kompresi 11:8,” ujar Freddy A Gautama, punggawa bengkel Ultraspeed Racing. 

Dengan catatan, setelah menyematkan blok dan head mesin tersebut, lengkap dengan jeroannya Yamaha Xabre dengan mesin awal berkapasitas 149,8 cc jadi meningkat 177 cc. “Otomatis tenaganya juga meningkat jadi 20 hp yang awalnya hanya 16 hp,” kata Freddy. 

Modifikasi Motor Baru, Catat Hal-hal Ini Agar Garansi Tak Gugur

Namun, bukan hanya blok dan head saja yang diganti jika ingin memiliki tenaga besar dan volume mesin membengkak. Ada beberapa peranti juga yang sebaiknya diperhatikan agar kinerja piston dan klep besar itu jadi lebih maksimal. 

"Jika volume sudah meningkat, ECU dan throttle body perlu diganti. Agar pengapian dan asupan bensin yang dibutuhkan mesin imbang. Bahan bakar lebih baik gunakan Pertamax Plus. Selain itu, knalpot juga harus free flow, kalau pakai knalpot standar mesin cepat panas," kata Freddy.

Harley-Davidson Trike garapan bengkel asal Ciputat

Motor Kustom Terbaik di Kustomfest 2023 Korbankan Tas Mewah Louis Vuitton

Harley-Davidson dengan roda tiga ini menjadi yang terbaik pada ajang Kustomfest 2023 yang berlangsung di Yogyakarta. Motor tersebu digarap bengkel asal Ciputat, Tanngsel.

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2023