Musim Mudik, Jangan Lupa Periksa 6 Komponen Ini

Ratusan pemudik bersepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id – Mudik ke kampung halaman adalah salah satu tradisi bagi masyarakat menjelang hari raya Idul Fitri. Berbagai cara ditempuh agar bisa berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga. Salah satunya dengan menggunakan sepeda motor.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Pemilik bengkel Eka Jaya Motor, yang terletak di kawasan Jakarta Barat, Ahmad, mengatakan terdapat 6 komponen yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh.

“Penting bagi pengendara untuk selalu memeriksa kendaraan saat hendak melakukan perjalanan jauh, terlebih apabila digunakan untuk mudik. Karena mudik biasanya akan menempuh waktu lebih lama karena kemacetan yang sering dialami,” ungkapnya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Enam komponen wajib diperiksaan adalah:

1. Aki
Tegangan yang disarankan pada aki sekitar 12 volt, jika kurang, starter akan mengalami kendala. Nah, bila terus dipaksakan akan terjadi kerusakan sismtem injeksi bahan bakar. 

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

2. Kampas Rem
Kampas rem menjadi hal yang wajib di kontrol sebelum melakukan perjalanan panjang seperti mudik lebaran. Cek kampas rem apakah masih layak digunakan perjalan jauh.

3. Lampu dan Indikator Motor
Penting untuk mengecek lampu sebagai penerangan di malam hari, serta indikator lampu rem dan sein. Akibatnya fatal bila ada salah satu lampu yang putus. 

4. Rantai
Pastikan tegangan rantai ada di titik yang benar. Rantai yang terlalu longgar biasanya akan berefek pada suara berisik dan gampang  lepas dari gear setnya. Sedangkan rantai yang terlalu kencang akan merusak gigi gearset. Selain itu, jangan lupa untuk melumasi rantai motor agar bisa bekerja optimal.

5. Karburator
Janga lupa untuk membersihkan karburator di bagian main jet dan slowjet. Selain itu stel karburator sesuai kebutuhan mesin agar performa tetap maksimal.

6. Ban dan Bearing
Mengecek tekanan angin pada ban sebelum Anda mudik Lebaran adalah hal penting. Selain tekanan angin, kondisi ban juga harus diperiksa, jika tebal alur ban kurang dari 0,5 cm, sebaiknya mengganti ban dengan yang baru. 

Bearing atau laher juga wajib diperiksa sebelum memulai perjalanan. Kondisi laher yang bagus di bagian kemudi akan membuat stang kemudi tetap stabil saat sedang melaju di jalur bergelombang. Sedangkan roda motor akan stabil  jika bearing di ruas roda dalam kondisi prima.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya