Bersihkan CVT Motor Matik Bisa di Rumah, Ini Panduannya

Motor matik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Continous Variable Transmission (CVT) adalah sistem penggerak motor matik yang terdiri dari kampas ganda, pulley, roller, dan panbel. Jika CVT tidak dirawat dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah, termasuk laju motor kurang bertenaga.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Karena itu, perawatan CVT menjadi hal penting, tentunya bagi para pemilik kendaran matik. Bagian-bagian dari CVT harus secara rutin dibersihkan untuk menghilangkan kotoran yang menempel, sehingga performa kendaraan terjaga.

Ketika saat diam, kendala pada CVT memang tidak dapat terasa. Namun, saat sudah berjalan baru ketahuan kendalanya, seperti bunyi tikus yang membuat gigi ngilu, serta ban belakang yang terasa goyang, karena bunyi gredek.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurut Sarjono, mekanik bengkel SMR Racing yang juga sering bermain skutik balap, kalau bunyi seperti tikus, pasti saat power mesin masih rendah. Kalau sudah berjalan di atas 40 kilometer per jam pasti tidak ada kendala, alias lancar-lancar aja.

Nah, kalau ditemukan permasalah seperti itu. “Tinggal bersihkan saja dalaman CVT dan kampas gandanya, tetapi kalau berbunyi gredek-gredek kaya ban belakang mau copot, fungsi kampas gandanya sudah rusak kudu diganti tuh,” katanya kepada VIVA.co.id.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Sementara itu, kalau Anda ingin membersihkan CVT dari kotoran, sebenarnya tidak perlu membawanya ke bengkel. Tapi dengan catatan, kunci-kunci harus lengkap dulu kalau mau bongkar sendiri. Setelah itu, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Sediakan kunci T 8 dan T 10, jika bautnya masih asli pabrik. Langkah pertama, copot semua baut yang menempel pada tanda kuning berikut.

2. Untuk membuka bagian atas CVT yang menjadi cover filter, seperti tanda merah perlu menggunakan kunci 10, karena memang hanya baut itu saja yang berbeda, keseluruhan baut CVT Yamaha Nouvo ukuran 8.

3. Setelah itu, buka cover atas CVT dengan menariknya ke belakang, karena untuk memisahkannya dengan karet filter, memang agak keras.

4. Tinggal buka rumah CVT, hati-hati jangan sampai packingnya sobek. Untuk motor yang sudah lama tidak diservis, biasanya packing yang menempel pada mesin jadi rapuh dan mudah hancur.

5. Jika sudah dibuka, tinggal ambil kuas kering dan cukup dipoles dengan kuas pada bagian yang ingin dibersihkan.

6. Kalau ingin tahu kondisi kampas ganda masih bagus atau tidak, atau bahkan ingin sekalian dibersihkan. Siapkan kunci ring 22, atau dengan mata 22 obeng ketok.   

Semoga bermanfaat...

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya