Mobil Selesai Mudik, Lakukan Hal Sederhana Ini

Foto Ilustrasi pemudik menunggu antrean.
Sumber :
  • Viva.co.id/Ferry Damayanti

VIVA.co.id – Mudik Lebaran dan libur panjang akan segera usai. Berbagai aktivitas sehari-hari siap menanti di depan mata. Namun, sebelum kembali menjalani bergelut dengan kegiatan sehari-hari, ada baiknya kendaraan pribadi yang dipakai mudik dilakukan pengecekan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Hal ini pun dianjurkan langsung General Manager Technical Service PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriadi saat berbincang dengan VIVA.co.id. Kata Dadi, yang paling pentig dilakukan pengecekan adalah pada bagian ban.

“Karena pada saat di jalan pengemudi tidak tahu ketemu apa saja.  Ban paling riskan bertemu macam-macam, mulai dari paku, kaca, dan lainnya,” ungkap Dadi, di Jakarta.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Selain ban, tentu saja pemeriksaan juga dilakukan pada bagian velg. Sebab, velg yang terbuat dari bahan material dibalut karet ban yang menjadi penyangga bisa saja mengalami penyok atau retak, tanpa diketahui pengemudi. Namun, jika diperlukan, ada baiknya bagian roda ini dilakukan spooring balancing.

Pria berkacamata ini juga menyatakan, paska mudik, pemilik mobil diharuskan melakukan pengecekan mulai dari cairan oli, cairan pendingin, serta cairan pada aki jika masih menggunakan aki basah.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Adapun jika kendaraan sempat diservis sebelum mudik, biasanya itu tak terlalu perlu untuk dicek. Akan tetapi, jika memang tidak sempat di servis sebelum mudik tentu pemeriksaan secara menyeluruh wajib dilakukan.

“Kondisi riskan itu karena saat macet, karena ada penguapan-penguapan yang terjadi pada liquid. Misalnya, oli bisa sangat jauh berkurang saat macet dari pada jalan terus, karena temperatur naik dan bisa terjadi penguapan. Kemudian baterai cepat drop saat macet, karena dia mobil tidak jalan tapi panas terus di sekitar situ,” katanya.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022