Cara Sederhana Cek Kendaraan Sesudah Mudik

Ilustrasi macet mudik.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Mudik ke kampung halaman adalah salah satu tradisi saat hari raya Idul Fitri. Berbagai cara ditempuh agar bisa berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga, salah satunya adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Saat ingin menempuh perjalan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi, pemudik tentu wajib melakukan persiapan yang matang. Jangan sampai mobil yang digunakan justru mogok sehingga dapat merepotkan pemilik, baik itu pergi mudik maupun sebaliknya.

Agar perjalanan mudik berjalan dengan nyaman, Technical Service Division TAM, Iwan Abdurrahman mengatakan perlu adanya pengecekan yang dilakukan sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

“Saat hendak melakukan perjalanan harus cek jumlah dan kualitas oli, jumlah dan kualitas air pendingin mesin (radiator), kondisi rem, tekanan ban dan kondisi kembang ban dan Kondisi AC dan audio,” kata Iwan kepada VIVA.co.id.

Selain itu, Iwan juga menegaskan bila kendaraan juga harus mendapatkan pengecekan setelah melakukan perjalanan. Hal tersebut dilakukan agar kendaraan tetap dalam kondisi optimal saat kembali menemani aktivitas sehari-hari.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

“Saat pulang liburan harus dicek lagi. Kurang lebih sama dengan sebelum pergi, cuma biasanya akan tambah, entah tambahan kondisi kaki-kaki (shock breaker) karena bisa saja banyak kena lubang jalan dalam kondisi kencang, atau pengecekan body mobil,” kata Iwan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022