Cara Mudah Deteksi Masalah Pada Mesin Motor

Pengendara sepeda motor. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • dapurpacu.tumblr.com

VIVA.co.id – Kerusakan pada mesin kendaraan bermotor sering terjadi apabila kita kurang memperhatikan perawatan berkala. Karena biasanya pengendara tidak paham atau menganggap sepele masalah pada motor itu, sehingga membuat kerusakan makin parah.

Pesanan Honda Stylo 160 Membeludak

Asisten Manajer Technical Training PT Daya Adicipta Mustika (DAM), distributor sepeda motor Honda Jawa Barat, Ade Rohman mengatakan, setidaknya ada empat ciri yang mencerminkan mesin motor mengalami kerusakan.

"Pengendara biasanya tidak terlalu memperhatikan hal tersebut, karena biasanya kurang mengetahui hal itu," katanya kepada VIVA.co.id.

2 Sepeda Motor Baru Honda Resmi Terdaftar di Indonesia

Ade mengatakan, suara berisik dan keluarnya asap putih pada knalpot merupakan ciri yang paling mudah dikenali mesin motor bermasalah.

"Pengendara memang harus lebih peka. Masalah di mesin iyu biasanya kelihatan dengan keluarnya asap putih pada knalpot, suara mesin berisik (tidak normal), kurang tenaga, oli berkurang, dan penggunaan BBM boros," katanya.

Pengendara Motor yang Mudik akan Dikawal Polisi

Apabila motor telah mengalami gejala di atas, Ade menyarankan untuk segera mengecek mesin motor, untuk menghindari mesin motor mengalami kerusakan semakin parah. "Langsung bawa ke bengkel, untuk pengencekan lebih lanjut," katanya.

Kendaraan milik pengemudi sedan yang hancur usai tabrak pengendara motor dan 3 pedagang di tangerang

Pengemudi Sedan Tabrak 5 Orang di BSD, 1 Diantaranya Tewas di Tempat

Pengemudi mobil sedan diamankan polisi setelah menabrak 3 pedagang dan pengendara roda dua yang sedang membawa penumpang, akibatnya satu orang dinyatakan tewas di tempat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024