Cara Mudah Buat Motor Lebih Hemat Bahan Bakar

Antrean ratusan pemudik motor mengisi BBM di SPBU.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Memiliki kendaraan yang hemat dalam urusan konsumsi bahan bakar tentu menjadi idaman banyak orang. Terlebih dengan harga bahan bakar saat ini yang cukup mahal.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Banyak orang kemudian mengatur strategi dan mencari informasi mengenai cara-cara agar konsumsi bensin kendaraannya dapat lebih irit. Tak terkecuali para pengendara sepeda motor.

Berikut hal-hal yang patut diperhatikan agar motor lebih irit bensin, seperti yang disampaikan mekanik Lancar Motor yang terletak di daerah Jakarta Barat, Chandra.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini
  1. Setel merapatkan klep motor. Cara yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar yakni mengubah setelan klep. Hal ini dilakukan untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara yang akan masuk ke ruang bakar. Dengan merapatkan setelan klep motor, maka bukaan klep akan menyempit, sehingga semburan bensin akan lebih sedikit.
  2. Pelumas. Pelumas yang baik mampu membuat kinerja mesin lebih enteng, serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Hal ini akan membuat daya kerja mesin lebih optimal, sehingga bensin dapat lebih hemat. Penggantian oli secara rutin dianjurkan sebagai langkah menjaga sistem kerja mesin.
  3. Cara berkendara. Agar lebih hemat bahan bakar, cara menggunakan motor harus lebih stabil dalam membuka tuas gas dan juga memacu kecepatan motor.
  4. Cek tekanan ban. Jika tekanan angin kurang, BBM akan lebih boros, karena butuh tenaga ekstra untuk memutar roda.
  5. Beban saat mengendarai motor. Hindari pemasangan aksesori motor secara berlebihan, karena  dapat membuat berat motor bertambah. Jangan mengangkut barang dan penumpang secara berlebih dengan motor, karena berat beban pada motor tentu membuat kerja mesin lebih berat.
Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022