Kapan Busi Kendaraan Bermotor Harus Diganti

Busi kendaraan bermotor.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA.co.id – Salah satu komponen mesin mobil yang tidak bisa dibersihkan agar umur pakainya lebih lama adalah busi. Jadi, bila umur pakainya sudah terlewati, maka sebaiknya busi langsung diganti.

Bagi Pemilik Penting Mengetahui Penyebab Sepeda Motor Mudah Tersendat

General Manager Sales dan Marketing PT NGK Busi Indonesia, Agus Tan menjelaskan, karena setiap mesin mempunyai karateristik masing-masing, maka busi pengganti harus sesuai dengan spesifikasi mobil tersebut.

Menurutnya, busi NGK juga bisa membersihkan sendiri, tapi dengan catatan kecepatan rata-rata kendaraan 80 kilometer per jam.

Pameran Ini Hadirkan Tidak Hanya Kendaraan Listrik

“Tapi kendaraan tidak akan selalu berjalan dengan kecepatan itu, karena faktor jalanan,” katanya.

Menurutnya, umur busi motor itu adalah sekitar 7-9 ribu kilometer (km), sedangkan mobil bisa 15-20 ribu km. “Umur dipengaruhi oleh cara penggunaan kendaraan tersebut,” jelasnya.

Begini Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Listrik

Menurutnya, kalau karbon sudah menumpuk dan memang busi tersebut sudah sering dibersihkan, lebih baik langsung diganti, jangan tunggu sampai umur pakainya.

“Karena idealnya saat penggantian oli kedua, busi juga diganti,” jelasnya.

Namun, umur pemakaian ini dengan catatan kondisi mesin tidak mengalami masalah. Jika pembakaran tidak sempurna, maka bisa saja karbon terbentuk di sekitar busi, sehingga kemampuannya berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya