Kamera Video Pengganti Kaca Spion Bakal Jadi Tren Baru

Ilustrasi kaca spion mobil.
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake

VIVA.co.id – Dari sekian banyak komponen pada mobil, salah satu yang jarang mendapat sentuhan teknologi adalah kaca spion.

Trik Menghapus Noda pada Kaca Spion

Padahal, kaca ini fungsinya sangat penting untuk memantau kondisi lalu lintas yang ada di belakang mobil. Salah satu kendala yang ada pada kaca spion adalah adanya blind spot, yakni area yang tidak bisa dipantau oleh pengemudi.

Hal ini dikarenakan desain kaca yang memang terbatas. Jika dibuat lebar dan tinggi, tentu akan mengganggu penampilan dan membuat lebar mobil menjadi tidak efisien.

Alasan Logis Mengapa Spion Bawaan Pabrik Selalu Berukuran Lebar

Namun bila dibuat kecil, maka area blid spot akan lebih luas, sehingga berbahaya bagi pengemudi.

Dilansir dari Autoevolution, Kamis 7 Juli 2016, sebenarnya saat ini sudah ada alternatif pengganti kaca spion, yakni kamera CCTV. Terhubung ke layar monitor yang ada di dasbor, kamera akan menampilkan gambar area belakang mobil sama jelasnya seperti kaca spion.

Garansi Motor Hangus Jika Kaca Spion Dilepas

Keunggulan lain teknologi ini adalah bisa dibekali dengan fitur infra merah, sehingga saat malam hari gambar yang ditampilkan lebih jelas.

Saat ini Pemerintah Jepang sedang mengkaji penggunaan kamera sebagai pengganti kaca spion. Nantinya, produsen kendaraan yang ada di Jepang akan diperbolehkan memakai teknologi ini pada produk yang mereka jual.

Bila ini terjadi, maka Jepang menjadi negara pertama yang mengizinkan teknologi tersebut diterapkan. Namun mereka masih harus meneliti, seberapa efektif teknologi tersebut serta apa dampaknya jika digunakan untuk perjalanan jauh.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya