Trik Atasi Radiator Bocor, Tambal Pakai Sabun Batangan

Ilustrasi radiator coolant
Sumber :
  • Toyota Astra

VIVA.co.id – Radiator merupakan komponen yang sangat berperan penting untuk mendinginkam mesin mobil. Di dalam radiator tersimpan air yang berfungsi untuk menyerap dan melepaskan panas dari mesin mobil Anda.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Namun, proses penyerapan dan pelepasan panas tersebut tidak akan berjalan maksimal jika kuantitas air tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Salah satu penyebab air radiator berkurang adalah radiator bocor.

Menurut Obor, teknisi Cibarusah Motor di Bekasi, penyebab terjadinya radiator panas tersebut dikarenakan mesin terlalu lama berjalan dan juga air radiatornya kurang. Sehingga menimbulkan mesin overheat.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

"Terlalu lama berjalan menggunakan mobil akibatnya mesin panas. Apalagi air radiatornya kurang,  selain itu juga motor pan, motor pan melemah bisa overheat, radiator juga bisa kepanasan dan bisa berakibat bocor," kata Obor saat berbincang dengan VIVA.co.id.

Selain itu, menurutnya, radiator bisa bocor karena korosi (karat) atau kena benturan, baik karena tabrakan maupun karena terkena kibasan kipas radiator. Radiator yang mengalami kebocoroan tersebut bisa membuat mobil tidak berjalan dengan maksimal. Hal ini dikarenakan proses air radiator yang bekerja terus terkuras habis.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Jika Anda mengalami radiator bocor di jalan, Obor meminta jangan panik. Sebab, kata dia, Anda dapat mengakalinya dengan menambal bagian yang bocor dengan sabun mandi batangan. "Jika sangat darurat, biasanya ada satu hal yang bisa dilakukan, misalkan dengan memakai sabun mandi batangan dan tempel di bagian bocornya," ujar dia.

Namun, menurutnya, hal itu tidak dapat diprediksi ketahanannya. Paling tidak, hal tersebut membantu sampai Anda menemukan bengkel terdekat untuk memperbaikinya secara permanen.

"Tidak bisa diprediksi kalau ketahanannya, soalnya air itu kan tekanannya tinggi. Jadinya tidak bisa diprediksi. Yang penting bisa digunakan sampai bengkel terdekat," tutur dia.

Setelah radiator tertambal, Anda bisa mengoperasikan kembali mobil. Tapi jangan lupa untuk mengontrol temperatur pada instrumen panel.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya