Cara Mudah Rawat Starter Engkol Motor Agar Tak Cepat Rusak

Hidupkan motor dengan kick starter.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id – Skutik (Skuter matik) memang memberikan kenyamanan yang lebih. Bahkan saking nyamannya, sering kali pengguna skutik lebih nyaman menggunakan starter listrik untuk menyalakan mesin. Keberadaan starter tambahan, yang dioperasikan secara manual atau diengkol alias kick starter kerap kali dilupakan.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Dilansir WeloveHonda, Senin 11 Juli 2016, kondisi tersebut juga ada bahayanya, yakni engkol bisa jadi seret atau tidak berfungsi ketika dibutuhkan. Karena itulah sesekali perlu juga dioperasikan. Misalnya seminggu dua kali dipakai untuk memanaskan mesin sebelum berangkat. Lumayan juga bisa menghemat usia aki.

Hal lain untuk merawat starter engkol bisa juga dilakukan bersamaan dengan mengecek kondisi sekitar boks CVT. Sambil membersihkan boks dari kotoran dan air, sekalian lumasi dua gir yang menggerakkan engkol (spindle/gir pemutar dan driven/gir belakang), dan as dengan gemuk. Disarankan, jangan menggunakan oli, karena dapat cepat kering. Dan jangan lupa juga menyemprotkan antikarat.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Memeriksa pegas juga jangan sampai luput dari pantauan. Sebab, pegas ini yang berfungsi mengembalikan engkol ke posisi semula. Bersihkan dari debu dengan cairan pembersih. Apabila pegas sudah loyo, itu tandanya sudah harus diganti agar engkol berfungsi dengan normal kembali.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022