Motor Lelah Dipakai Mudik, Segera Periksa Tiga Komponen Ini

Pengendara servis sepeda motor matiknya.
Sumber :
  • Yasin Fadilah/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Mudik menggunakan sepeda motor memang masih dipilih oleh sebagian masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan biayanya yang relatif murah dibandingkan dengan menggunakan mobil atau moda transportasi lainnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Namun, apabila motor digunakan dengan menempuh perjalanan jauh, tentunya harus ada beberapa peranti yang mesti dicek. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga performa motor agar kembali sempurna.

Menurut Juni, penggawa Bengkel Lamganda di Duren Sawit, Jakarta Timur, motor yang sudah dibawa jauh sudah seharusnya mendapatkan perawatan kembali.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

"Pertama, yang harus dicek yaitu oli mesin. Karena fungsi oli sangat penting bagi kendaraan. Kalau olinya habis, atau surut, maka sistem pelumasan motor akan terganggu dan tidak maksimal," kata Juni saat berbincang dengan VIVA.co.id, Senin, 11 Juli 2016.

Dia menyarankan akan lebih baik jika oli diganti dengan yang baru, agar pelumasan kembali sempurna. Selain itu, yang harus diperiksa setelah menempuh perjalanan jauh, yaitu sektor pengereman. Hal ini terbilang penting, karena rem pastinya sering digunakan saat perjalanan jauh, apalagi di lalu lintas macet yang akan membuat usia rem semakin 'tua'.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

"Periksa juga remnya, depan belakang. Kalau sudah perjalanan jauh, kan rem rutin digunakan, makanya harus dicek, kalau memang kampasnya sudah menipis, diganti," ujar dia.

Tak cuma itu, lakukan juga pemeriksaan pada bagian ban motor, apakah masih baik untuk digunakan atau pun sudah botak atau tipis. Hal ini, kata dia, juga tergolong vital lantaran ban botak akan meningkatkan risiko kecelakaan saat berkendara, utamanya saat hujan menyapa.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022