Usai Mudik, Cek Komponen Mobil yang Satu Ini

Ilustrasi kopling mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id – Sesudah melakukan perjalanan jauh, pemilik perlu memeriksa kondisi kendaraan mereka. Selain memeriksa kondisi kaki-kaki, khusus untuk mobil bertransmisi manual, komponen yang wajib dicek adalah kampas kopling.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Menurut Service Advisor salah satu bengkel resmi Mitsubishi, Ujang Deden, kopling yang sering ditekan dan dilepas dalam waktu lama akan cepat aus.  

“Ada juga yang sampai bau hangus, tanda kopling sudah terbakar. Sebab, rata-rata mobil mengadopsi kopling kering, bukan kopling basah yang terus diberi pelumas. Kalau kopling kering, pelumas hanya sedikit saja,” ujar Deden saat ditemui VIVA.co.id, Senin 11 Juli 2016.

Pengguna Mobil yang Terjebak Macet di Puncak Wajib Periksa Ini

Kopling sudah tidak sehat akan terasa saat mobil berjalan.“Kendalanya bisa dirasakan. Saat perpindahan gigi, sering selip dan jadi lebih susah. Kadang juga ada bunyi, tapi itu biasanya kotor dan kering, karena kurang pelumasan,” katanya.

Jika sudah muncul gejala seperti itu, maka kampas kopling harus diganti. Hal ini cukup makan waktu, karena teknisi harus melepas rumah transmisi dari mesin.

Jasa Stiker Bodi Mobil dan Motor Kini Tak Cuma di Pulau Jawa

Biasanya butuh waktu beberapa jam hingga setengah hari untuk mengganti kampas kopling, tergantung dari jumlah teknisi yang mengerjakan.

Ilustrasi orang tua dan anak di mobil

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Agar tidak dibuat repot anak, ada beberapa orang tua yang terpaksa meninggalkan anaknya di dalam mobil saat mengujungi suatu tempat, meski dianggap sebentar.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022