Berapa Umur Pakai V-Belt Sepeda Motor Matik?

Motor matik
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jeffry Yanto

VIVA.co.id – Meski mudah dalam hal pengoperasian, sepeda motor matik pada dasarnya lebih mudah bermasalah jika tak dilakukan perawatan dengan rutin. Peranti yang paling rentan yakni pada bagian v-belt atau drive belt.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

V-belt merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran pulley bagian depan (mesin) menuju pulley bagian belakang (roda). Mudahnya, v-belt ini berperan seperti rantai pada sepeda motor manual.

Jika pada rantai motor manual cukup diberikan pelumas, maka v-belt pada motor matik tak dapat dilakukan hal serupa mengingat posisinya yang tertutup. Namun perawatan v-belt tetap perlu dilakukan.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Menurut Juni, penggawa bengkel Lamganda di Duren Sawit, Jakarta Timur menjelaskan, v-belt harus sering dicek, apalagi motor yang sudah dipakai perjalanan jauh, sangat rentan rusak. "Kalau untuk v-belt, sesudah melakukan perjalanan jauh disarankan untuk dicek. Apabila jika sudah tidak enak digunakan, maka harus dilakukan pergantian v-belt," kata Juni saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 12 Juli 2016.

Ia menegaskan, masa pakai v-belt sebetulnya harus diganti dalam jangka waktu lima sampai enam bulan.
"Sebetulnya kalau masa pakai v-belt itu idealnya 6.000 kilometer. Tapi, kalau pun sudah melakukan perjalanan jauh dan sudah tidak enak digunakan, harus diganti dengan yang baru. Deteksinya, apabila motornya bergetar," kata dia.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Untuk harga, Juni menilai sangat variatif tegantung merek yang digunakan oleh konsumen. "Kalau masalah harga satu paket variatif sebetulnya. Tapi, ada di kisaran Rp150 ribuan (bengkel umum)," kata dia.

Sementara itu, menurut Honda dalam laman resminya, dianjurkan pemeriksaan rutin ruang CVT (Continuously Variable Timing) dari debu dan kotoran dengan udara bertekanan. Lakukan juga pemeriksaan visual pada kondisi ban penggerak terhadap keretakan atau getas.

Tanda-tanda v-belt pada motor matik memang harus diganti yakni akan terasa getaran kencang saat kendaraan berjalan. Jika dalam kondisi parah, kendaraan akan berjalan tersendat-sendat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya