Berita Pokemon Go Sebabkan Tabrakan Beruntun Ternyata Hoax

Ilustrasi Pokemon Go.
Sumber :
  • REUTERS/Mark Kauzlarich

VIVA.co.id – Dalam beberapa hari terakhir ini, penggemar game sedang menikmati fenomena viral aplikasi game Pokémon Go. Game keluaran dari Nintendo dan The Pokémon Company itu memang baru dirilis untuk pasar Amerika Serikat sejak pekan lalu, tapi viral game ini telah mendunia.

Kecelakaan, Seorang Pria Tergeletak Bersimbah Darah di Cilandak

Satu pekan setelah permainan tersebut resmi diluncurkan, berbagai cerita negatif mulai bermunculan.

"Pokémon Go membuat saya masuk ke UGD. Setengah jam usai dirilis, saya terpeleset dan jatuh ke bawah selokan," ujar salah satu pengguna dalam Reddit dikutip Boston Globe.

Satu Keluarga di Kelapa Gading Jadi Korban Tabrak Lari Saat Olahraga

Bahkan, disebutkan ada kecelakaan cukup besar terjadi di Amerika Serikat akibat permainan tersebut. Penyebabnya disebutkan ada pengguna tol yang berhenti di tengah jalan bebas hambatan, karena ingin menangkap makhluk incaran dalam aplikasi Pokémon Go.

Namun ternyata, berita tersebut tidak benar. Dilansir dari Jalopnik, Selasa 12 Juli 2016, berita kecelakaan itu dibuat oleh salah satu situs berita yang banyak menyebarkan berita hoax, Cartelpress.

Aneh Tapi Ada, Mobil Ditabrak Pesawat Ketika Melaju di Jalan Tol

Hal ini diketahui setelah gambar kecelakaan yang mereka gunakan ditelusuri asalnya. Ternyata, kecelakaan itu terjadi dua tahun lalu di Denver, Colorado.

Cartelpress sengaja membuat berita palsu demi meraih jumlah pembaca yang tinggi. Mereka bahkan juga membuat berita palsu soal Pokémon Go lainnya, seperti ISIS bertanggung jawab soal server Pokémon Go yang sulit diakses dan seorang kakak bunuh adiknya hanya gara-gara permainan tersebut.

Ilustrasi tanda lokasi kecelakaan lalu lintas.

Kecelakaan Maut di Sumut, 4 Orang Tewas

Satuan Lalu Lintas Polres Labuhan Batu sudah melakukan olah TKP untuk mengetahui persis penyebab kecelakaan tunggal itu.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2021