Motor Usai Dipakai Mudik, Perlu Servis Biasa atau Berat?

Servis motor injeksi Yamaha
Sumber :
  • Dokumentasi Yamaha Indonesia

VIVA.co.id – Mudik menggunakan motor masih diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan mudik menggunakan sepeda motor lebih terjangkau dan tidak perlu terkena macet yang berkepanjangan.

Pengguna Motor Matik Wajib Lakukan Perawatan CVT seperti Ini

Namun, setelah mudik, motor yang dipaksa kerja keras biasanya perlu perawatan setelah menempuh perjalanan jauh. Menurut M. Abidin, General Manager After Sales Service & Motor Sport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), motor yang menempuh perjalanan jauh seharusnya dicek untuk menjaga kondisi motor agar tetap prima.

"Karena perjalanan cukup jauh sekitar 2.000 sampai dengan 3.000 kilometer. Tentunya kembali mudik harus cek secara menyeluruh," kata Abidin saat dihubungi, di Jakarta, Selasa, 12 Juli 2016.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Untuk servis yang dianjurkan setelah perjalanan jauh, yaitu servis ringan seperti oli transmisi dan juga oli mesin. "Servis ringan, ganti oli mesin, ganti oli transmisi untuk matik jika perlu atau telah mencapai 10.000 dari penggantian sebelumnya. Umumnya servis ringan matik atau manual sama di bagian bodi, bedanya hanya di celah rantai saja khusus manual," ujar dia.

Untuk motor yang telah melakukan servis sebelum mudik, menurutnya tidak akan banyak komponen perbaikan atau servis, kecuali mengalami kendala tertentu. "Untuk motor yang jarak tempuh 2.000 kilometer sampai dengan 3.000 kilometer jika saat berangkat telah melakukan pemeriksaan yang benar tidak terlalu banyak perbaikan (servis)," kata dia.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Misalkan motor menghantam lubang atau pun terjatuh saat perjalanan, perlu pemeriksaan kestabilan motor untuk dicek lebih lanjut bagian yang mengalami kerusakan.

"Pemeriksaan servis ringan bagian bodi komstir, roda dan tekanan ban-nya, kelurusan setang, kelancaran handle gas, fungsi rem depan, dan belakang, dan juga suspensi depan-belakang," ungkap dia.

Ia menambahkan untuk bagian mesin, biasanya tidak terlalu banyak disentuh "Untuk mesin tidak terlalu banyak di sentuh, jika mesin injeksi sangat mudah perawatannya, jika ada kendala atau jika diperlukan seperti kualitas bensin tidak baik saat di kampung, bisa melakukan servis injeksi di bengkel Yamaha berlogo FI Ready," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya