Pilihan Mobil Murah Merek China yang Dijual di Indonesia

Geely Panda.
Sumber :
  • Pakwheels

VIVA.co.id – Persaingan ketat saat ini tengah merambah mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) di Tanah Air. Namun, bukan berarti pabrikan seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Suzuki, dan Datsun saja yang melenggang bermain di segmen mobil murah. Sebab, ada sejumlah pabrikan China yang juga kepincut menjual produknya dengan harga terjangkau sejak 2010 silam.

Mobil China Dapat Garansi 7 Tahun, Merek Jepang Enggak Takut

Ya, ada beberapa merek yang sudah memulai bisnis mobil murah ini sebelum pabrikan Jepang serius terjun di bisnis ini, seperti PT Geely Mobil Indonesia (GMI) yang menawarkan Emgrand EC7. Dikutip dari situs resminya, Senin, 12 Juli 2016, mobil ini tersedia jenis hatchback dan sedan. Ada juga Geely TX4 model klasik, dan Geely Panda (LC) sebagai city car yang mengusung mesin 998cc.

Tak cuma model demikian, pencinta model Sport Utility Vehicle (SUV) bisa juga melirik Geely MK Cross. Namun, ada beberapa dari model Geely yang sekarang hanya dijual sebagai mobil bekas, sebab produk terbarunya sudah tidak dijual lagi. Sedangkan untuk PT Chery Mobil Indonesia (CMI) yang juga masih bernaung bersama Geely, pun menawarkan varian yang cukup lengkap.

Pertarungan Mobil Merek China di Awal 2019, Ada yang 'Hilang'

Digali dari situs resminya, untuk kelas city car ada Chery QQ dengan mesin 1.0 liter dan Chery Campus sebagai generasi penerus QQ. Di kelas SUV, tersedia Tiggo, mengadopsi mesin kapasitas 1.6 liter. Produk terbarunya yang akan meluncur yaitu model sedan Cristal dan Cruise, serta kelas hatchback yakni, Cristal HB. Di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV) ada Eastar ES yang mengusung mesin berkapasitas 2.0 liter.

Pada 2015 lalu, ada juga satu merek asal China yang menyapa Indonesia, yakni Maxus. Memang ini adalah merek Malaysia yang bekerjasama dengan China. PT Westsar Maxus Indonesia mencoba keberuntungannya untuk menjual MPV bogsor dengan fasilitas mobil kelas premium. Mobil ini dibanderol Rp500 juta, dan di dalam kabinnya dipenuhi fasilitas menarik, salah satunya toilet.

Proton Siap Gempur Pasar Mobil RI, Dibekingi Perusahaan China

Pada 2011 silam, ada juga pabrikan China yang menjual line up kendaraan berpenumpangnya di Indonesia yakni, Foton Mobilindo dengan model MPV, yakni Foton View XLC (Xtra Large Cabin) yang menggendong mesin 2.800 cc.  Selain itu, ada juga Foton Midi dengan harga Rp100 juta yang dikirm langsung utuh dari China sebagai MPV kelas menengah. Sayang, kini Foton hanya fokus menjual kendaraan niaga saja.

Sebagai tambahan, tahun ini juga akan segera meluncur produk asal China, yakni Wulling dengan jajaran produk terbarunya. Mobil ini digadang-gadang bakal bersaing sengit dengan Avanza dengan banderol sekira Rp100 jutaan.

Berikut harga mobil-mobil China dikutip dari situs resmi mereka:

1. Geely Panda (LC) harga baru Rp98 juta, bekas Rp69,5 jutaan
2. Geely MK Cross bekas Rp90 jutaan
3. Geely Emgrand EC7 Rp229 juta
4. Chery QQ bekas Rp30 jutaan
5. Chery Eastar ES Rp199 juta
6. Chery Tiggo Rp159 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya